Wisata Alam Situbondo Paling Populer dan Menarik Terbaru 2023

Wisata Alam Situbondo Kampung Blekok

KAWANPUAN.COM – Mengisi waktu libur di akhir pekan bersama keluarga salah satunya adalah berkunjung ke beberapa wisata alam Situbondo, Jawa Timur.

Situbondo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Penasaran ada apa saja wisata alam Situbondo paling populer dan menarik terbaru 2023? Berikut adalah beberapa wisata alam Situbondo paling populer dan menarik:

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia yang memiliki luas sekitar 250.000 hektar.

Wisata taman nasional ini memiliki ekosistem yang beragam, mulai dari hutan hujan tropis, savana, hingga pantai.

Beberapa hewan yang dapat dijumpai di Taman Nasional Baluran antara lain banteng, rusa, kerbau liar, macan tutul, dan harimau.

2. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih merupakan salah satu pantai paling populer di Situbondo. Wisata pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang membuat suasananya menjadi sejuk dan asri.

3. Pantai Tampora

Pantai Tampora merupakan salah satu pantai yang masih terbilang baru di Situbondo. Wisata pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Situbondo. Pantai Tampora memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan yang indah.

4. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong merupakan salah satu air terjun yang paling indah di Situbondo. Wisata air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Air terjun Talempong sangat cocok untuk para pecinta wisata alam yang ingin merasakan kesegaran air terjun.

5. Kampung Blekok

Kampung Blekok merupakan salah satu kampung yang unik di Situbondo. Wisata kampung ini merupakan tempat tinggal bagi ribuan burung blekok. Burung blekok merupakan burung yang memiliki warna putih dan hitam. Setiap sore, burung blekok akan berkumpul di kampung ini untuk beristirahat.

6. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati merupakan salah satu waduk terbesar di Situbondo. Wisata waduk ini memiliki luas sekitar 200 hektar dan merupakan sumber air utama bagi masyarakat Situbondo. Waduk Bajulmati juga merupakan tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Itulah beberapa wisata alam Situbondo paling populer dan menarik terbaru 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin merencanakan liburan ke Situbondo.