Kapan Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat? Ini Jawaban Kemenkes

Vaksin Booster Kedua

KAWANPUAN.COM – Kapan vaksin booster kedua untuk masyarakat? Begitulah kira-kira pertanyaan yang belakangan ini banyak masyarakat sampaikan lewat internet.

Untuk mendapatkan jawaban kapan vaksin booster kedua untuk masyarakat dari Kementeri Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, sebagai berikut ini.

Pemerintah Indonesia melalui Kemenkes telah memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat kepada sekitar 4 juta tenaga kesehatan alias nakes.

Proses pemberian vaksin booster kedua untuk nakes berlangsung sejak 29 Juli 2022 lalu. Ini sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Adapun dasar pemberian vaksin dosis lanjutan ini bedasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes.

Apa Alasan Booster Kedua untuk Nakes?

Tenaga kesehatan di anggap menjadi kelompok rentan yang perlu mendapatkan dosis lanjutan. Terlebih, pemberian vaksin dosis ketiga sudah lebih dari 6 bulan lalu.

Sehingga imunitas yang di hasilkan di pastikan sudah menurun. Maka tidak ada salahnya vaksin booster kedua untuk tenaga kesehatan kembali diberikan.

Hal itu sesuai penyampaian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 27 Juli 2022.

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Jika booster kedua bagi nakes sudah di agendakan bahkan sudah mulai di berikan, bagaimana dengan dosis keempat bagi masyarakat?