Tugu Sepatu Jakarta Jadi Korban Vandalisme, Sungguh Menyedihkan

Tugu Sepatu Jakarta Korban Vandalisme

Warga melintas di dekat instalasi karya seni kreasi pelaku ekonomi kreatif yang menjadi sasaran vandalisme di kawasan Stasiun BNI City, Jakarta, Minggu (19/9/2021). ANTARA FOTO

Kawanpuan.com – Tugu Sepatu tersebut merupakan hasil kolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI bersama Jakarta Experience Board (JXB) dan Sepatu Compass.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan memindahkan Tugu Sepatu yang terletak di kawasan pejalan kaki Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, untuk di bersihkan dari coretan, setelah instalasi tersebut menjadi sasaran aksi vandalisme.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan instalasi berbentuk sepatu raksasa itu di buat untuk mempercantik kota Jakarta dan memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Kemudian ada yang corat-coret yang tidak bijak, tidak baik, makanya sekarang harus di bersihkan dulu, di rapihkan, nanti pada waktunya kita akan tampilkan lagi,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (20/9).

Ada pun aksi vandalisme di lakukan oleh seorang pemuda pada Sabtu (18/8) dini hari dengan memakai pilox (cat semprot) untuk mencoret-coret salah satu sisi sepatu raksasa tersebut.

Instalasi bertajuk Xpresikan Warnamu ini sekaligus menjadi penanda di mulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

Produsen sepatu buatan Indonesia, Sepatu Compass, mengucapkan apresiasi terhadap seluruh masyarakat yang telah antusias atas instalasi sepatu raksasa di Kawasan Sudirman dan Lapangan Banteng.

Keberadaan tugu sepatu di Jakarta tak berlangsung lama. Instalasi sepatu itu kini sudah di angkut dan tidak lama setelah menjadi sasaran vandalisme.

Pemasangan Tugu Sepatu Jakarta

Pemprov DKI Jakarta memberikan penjelasan terkait keberadaan instalasi sepatu. Tugu tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif.

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang di canangkan oleh UNCTAD.

“Kita menyambutnya dengan turut menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif,” kata Plt Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/9/2021).

Gumilar menuturkan instalasi sepatu ini penanda di mulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021. Dia memastikan pembangunan instalasi di luar APBD DKI.

Selain di kawasan Sudirman, instalasi sepatu akan di pasang di 2 titik lainnya. Yaitu Lapangan Banteng dan Alun-alun Velodrome.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi dengan menyediakan ruang publik yang bisa di manfaatkan oleh seluruh masyarakat Jakarta,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Gumilar berharap pemulihan ekonomi nasional pascapandemi COVID-19 segera terwujud. Sekaligus, memotivasi masyarakat dalam membuat gerakan kolaborasi lebih besar.

“Tujuannya, untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi,” ujarnya.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *