Tatapan Mata dan Siulan Masuk Kekerasan Seksual

Tatapan Mata dan Siulan Kekerasan Seksual

KAWANPUAN.COM – Tatapan mata dan siulan termasuk kekerasan seksual. Atas dasar itulah Kementerian Agama menerbitkan Peraturan Menteri Agama Nomor 73 tahun 2022.

Isi dari Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan pada Kementerian Agama.

Aturan kekerasan seksual resmi di tandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 5 Oktober 2022 dan mulai di undangkan sehari setelahnya.

“Setelah melalui proses diskusi panjang, kita bersyukur PMA tentang Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan pada Kementerian Agama akhirnya terbit,” kata Jubir Kemenag Anna Hasbie.

Sesuai namanya, PMA ini mengatur tentang upaya penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di satuan Pendidikan pada Kementerian Agama.

Satuan Pendidikan itu mencakup jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal, serta meliputi madrasah, pesantren, dan satuan pendidikan keagamaan.

PMA ini terdiri atas tujuh Bab, yaitu: ketentuan umum; bentuk kekerasan seksual; pencegahan; penanganan; pelaporan, pemantauan, dan evaluasi; sanksi; dan ketentuan penutup. Total ada 20 pasal.

PMA ini, kata Anna, mengatur bentuk kekerasan seksual mencakup perbuatan yang dilakukan secara verbal, nonfisik, fisik, dan/atau melalui teknologi informasi dan komunikasi.