Tas Noken Papua Warisan Budaya Dunia

Jokowi Beli Tas Noken Papua

Jokowi Beli Tas Noken Papua

Kawanpuan.com – UNESCO akui Tas Noken Papua warisan budaya dunia. Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang di bawa dengan menggunakan kepala.

Noken Papua terbuat dari serat kulit kayu. Sama dengan tas pada umumnya tas ini di gunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo, menyempatkan membeli noken Papua, sehari sebelum meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX.

Ketika sampai di Bandara Sentani, Jayapura, Jokowi juga sempat di sambut dengan berbagai tarian adat Papua dan juga di berikan noken oleh masyarakat Papua.

Tidak sedikit pula noken yang terbuat dari bahan serat pohon atau daun yang di proses menjadi benang yang kuat, kemudian di ikat atau di anyam menjadi satu.

Google Doodles pada 5 September 2020 pernah memasukan Noken Papua. Noken identik dengan perempuan Papua. Tidak heran jika anak perempuan Papua sudah harus belajar menenun noken.

Terdapat anggapan bahwa seorang perempuan yang mampu membuat noken dengan baik, ia akan baik dalam mengatur rumah tangga.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *