Tanpa Efek Samping, Ini Obat Alami Atasi Batuk Pilek pada Anak

Obat Alami Atasi Batuk Pilek pada Anak

KAWANPUAN.COM – Tanpa efeksi samping dan aman, berikut ini adalah obat alami yang bisa atasi batuk dan pilek pada anak. Yuk simak apa saja.

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Gejalanya bisa membuat anak tidak nyaman, seperti hidung tersumbat, bersin, dan batuk yang mengganggu.

Orang tua tentu ingin segera membantu anak mereka agar merasa lebih baik. Namun, tidak semua obat batuk dan pilek aman untuk anak-anak.

Beberapa obat dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Untungnya, ada beberapa obat alami yang aman dan efektif untuk mengatasi batuk pilek pada anak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Madu

Madu telah lama dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk meredakan batuk. Madu dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal dan meredakan batuk kering. Madu aman diberikan kepada anak usia di atas 1 tahun. Berikan 1-2 sendok teh madu kepada anak sebelum tidur.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut dan biarkan anak berkumur beberapa kali sehari.

3. Sup Ayam

Sup ayam adalah makanan yang ideal untuk anak yang sedang sakit. Sup ayam mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Sup ayam juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan meredakan batuk.

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Anda dapat membuat teh jahe dengan merebus irisan jahe dalam air selama beberapa menit. Saring airnya dan tambahkan madu agar lebih manis. Berikan teh jahe kepada anak beberapa kali sehari.

5. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti peppermint, eucalyptus, dan lavender dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan meredakan batuk. Gunakan diffuser untuk menyebarkan minyak esensial di kamar anak. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air mandi anak.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu anak pulih dari batuk pilek. Pastikan anak tidur 8-10 jam setiap malam.

Penting untuk diingat bahwa obat-obatan alami ini tidak selalu dapat menyembuhkan batuk pilek pada anak. Jika batuk pilek anak tidak membaik setelah beberapa hari, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.