Sundar Pichai, Bos Google Hobi Bangun Siang

Sundar Pichai

Kawanpuan.com – Sundar Pichai, siapa yang tidak kenal dengannya. Sundar Pichai adalah bos Google, perusahaan multinasional Amerika Serikat bergerak pada jasa dan produk Internet.

Sundar bergabung dan menjadi CEO Google sejak 2015. Sedangkan untuk perusahaan induknya, Alphabet pada 2019 lalu.

Sebelumnya Pichai bergabung dengan Google pada tahun 2004 sebagai kepala manajemen dan pengembangan produk.

Dia awalnya bekerja di Google Toolbar, yang memungkinkan mereka yang menggunakan browser Web Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox untuk mengakses mesin pencari Google dengan mudah.

Lebih lanjut, dalam beberapa tahun berikutnya Pichai terlibat langsung dalam pengembangan browser Google sendiri, Chrome, yang di rilis ke publik pada tahun 2008.

Pada tahun yang sama Pichai di angkat sebagai wakil presiden pengembangan produk, dan dia mulai mengambil peran publik yang lebih aktif.

Pada 2012 dia menjadi wakil presiden senior di Google dan dua tahun kemudian dia di angkat menjadi kepala produk di Google dan sistem operasi smartphone Android.

Pichai juga telah telah membantu menegosiasikan kesepakatan Google senilai $3,2 miliar untuk mengakuisisi Nest Labs pada tahun 2014.

Sepak Terjang Sundar Pichai Bos Google

Keberhasilan Pichai dalam menangani beberapa proyek besar di Google dan berhasil membuat masyarakat tertuju pada aplikasi tersebut untuk melakukan pencarian. Berikut beberapa fakta menarik Pichai.

Pitchai Sundararajan lahir pada tahun 1972 di Chennai di negara bagian Tamil Nadu. Dia memulai hidupnya sebagai anak dari keluarga kelas menengah.

Ayahnya adalah seorang insinyur listrik. Ia di besarkan di sebuah apartemen dua kamar di Ashok Nagar, Chennin, India.

Pichai menerima gelar lanjutan dari Indian Institute of Technology Kharagpur, Stanford University, dan Wharton School dari University of Pennsylvania.

Ia memperoleh gelarnya dari Indian Institute of Technology Kharagpur di bidang teknik metalurgi. Sedangkan gelar MS dari Stanford University ia terima dengan mengambil studi ilmu material dan teknik.

Dan MBA dari Wharton School of University of Pennsylvania, di mana dia di nobatkan sebagai Siebel Scholar dan Palmer Scholar.

Pichai merupakan seorang CEO yang gemar dengan olahraga sepak bola dan bermain kriket. Tidak hanya itu, laiknya seorang ilmuwan, Pichai juga gemar membaca buku.

Berdasarkan timesnownews.com, Pichai terpilih sebagai pesaing untuk CEO Microsoft pada 2014 yang akhirnya di ambil alih oleh Satya Nadella.

Sundar Pichai akan bekerja untuk Microsoft kecuali jika Google bisa mati-matian mempertahankannya dengan menjanjikan saham senilai $50 juta per tahun.

Pichai juga menjadi berita utama pada 2011 ketika ia di anggap menggantikan Jason Goldman sebagai Wakil Presiden Produk di Twitter. Namun kecintaan Pichai pada Google membuatnya melepaskan kesempatan itu.

Tidak bisa di pungkiri, seseorang yang memiliki jabatan tinggi seperti bos Google, Sundar Pichai ini juga punya hobi bangun siang. Namun, ukuran bangun siang Pichai adalah pukul pukul 06.30-07.00 pagi.

Menurutnya, ia bukanlah tipe morning person. Sehabis bangun tidur ia butuh waktu sendiri semisal baca koran dan minum teh.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *