Suami Sandra Dewi: Harvey Moeis Jadi Tersangka Korupsi Timah

Suami Sandra Dewi Harvey Moeis

KAWANPUAN.COM – Suami Sandra Dewi yang bernama Harvey Moeis resmi jadi tersangka korupsi Timah yang sedang ditangani Kejaksaan Agung RI.

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk selama periode 2015-2022.

Menurut Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus di Kejaksaan Agung, Kuntadi, Harvey Moeis dianggap sebagai perpanjangan dari PT RBT.

Sebagai perpanjangan tangan, Harvey diketahui telah melakukan kontak dengan Direktur Utama PT Timah, MRPT, antara tahun 2018 dan 2019.

“Tujuannya adalah untuk memfasilitasi kegiatan pertambangan ilegal di wilayah IUP PT Timah,” ujar Kuntadi kepada media pada hari Rabu, 27 Maret.

“Setelah beberapa kali pertemuan, akhirnya disepakati bahwa kegiatan pertambangan ilegal tersebut akan ditutupi dengan menyewa peralatan pemrosesan peleburan timah. Kemudian, tersangka HM menghubungi beberapa smelter, seperti PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT TIN, untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” tambahnya.

Menurut Kuntadi, Harvey kemudian meminta pihak smelter untuk membagi sebagian dari keuntungan. Uang tersebut kemudian diberikan kepada Harvey dengan dalih pembayaran dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Siapa sebenarnya suami Sandra Dewi? Berikut ini profil Harvey Moeis, suami Sandra Dewi yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi Timah:

Harvey Moeis dikenal sebagai seorang pengusaha batu bara. Menurut situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey menjabat sebagai presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU).

Perusahaan batu bara tersebut beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Batu bara produksi MHU banyak digunakan di pasar domestik untuk pembangkit listrik, pabrik, dan perusahaan manufaktur.

Sebagian besar juga diekspor ke negara-negara seperti Korea Selatan, India, China, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

Harvey menikah dengan Sandra Dewi pada November 2016 di Jakarta setelah menjalin hubungan selama tiga tahun. Seminggu setelah pernikahan, mereka menggelar resepsi pernikahan di Disneyland Tokyo, Jepang.

Kini, Harvey dan Sandra memiliki dua orang anak. Salah satunya, Raphael Moeis, sempat menjadi sorotan media karena mendapat hadiah jet pribadi saat ulang tahun pertamanya.