Sosok Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Profil, Pendidikan, dan Karya Tulis

Ustadz Syafiq Riza Basalamah

KAWANPUAN.COM – Ustadz Syafiq Riza Basalamah merupakan salah satu pendakwah yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Namanya sering menghiasi layar kaca dan media sosial dengan ceramah-ceramahnya yang membahas berbagai tema keagamaan.

Baru-baru ini, pengajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya ditolak oleh GP Ansor karena dianggap memiliki prinsip dakwah yang cenderung radikal.

Berikut profil lengkap Ustadz Riza Basalamah:

1. Latar Belakang dan Keluarga

Ustadz Syafiq Riza Basalamah lahir di Jember, Jawa Timur pada 15 Desember 1977. Ia memiliki marga Basalamah yang berasal dari Arab Hadramaut, Yaman. Kakek buyutnya, Salim bin Zaid Basalamah, hijrah dari Yaman ke Padang pada tahun 1900-an dan menikah dengan wanita Minangkabau.

2. Pendidikan

Ustadz Syafiq Basalamah menempuh pendidikan agama sejak usia dini. Ia mengenyam pendidikan SMP dan SMA di Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bondowoso. Kemudian, ia melanjutkan studinya di Jakarta sebelum meraih gelar S1 hingga S3 di Universitas Islam Madinah dengan predikat cumlaude.

3. Karier Dakwah dan Akademisi

Ustadz Syafiq aktif berdakwah melalui ceramah-ceramahnya di berbagai platform, baik online maupun offline. Ia juga dikenal sebagai dosen di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember sejak 2016.

4. Karya Tulis

Selain aktif berdakwah dan mengajar, Syafiq Riza Basalamah telah menghasilkan beberapa karya tulis, di antaranya:

  • جهود الشيخ أحمد السوركتي في الدعوة إلى الله في إندونيسيا
  • Andai Aku Tidak Menikah Dengannya
  • Rumahku Masih Ngontrak
  • Mimpi Bertemu Nabi
  • Bersama Keluarga Masuk Surga
  • Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong

5. Kontroversi

Pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya ditolak oleh GP Ansor karena dianggap memiliki prinsip dakwah yang cenderung radikal. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.