Siapa Ratu Wulla? Caleg NasDem Suara Terbanyak Mengundurkan Diri

Ratu Wulla Caleg NasDem

KAWANPUAN.COM Ratu Wulla merupakan Caleg DPR-RI dari Partai Nasdem untuk Dapil NTT II mengundurkan diri setelah meraih suara terbanyak di Pemilu 2024.

Kabar politikus wanita bernama lengkap Ratu Ngadu Bonu Wulla mengundurkan diri disampaikan salah satu saksi dalam pleno rekapitulasi suara tingkat nasional untuk Dapil NTT di Jakarta.

Dalam Pemilu 14 Februari 2024, Ratu Wulla berhasil mendulang 76.331 suara di dapil NTT II. Ia menjadi Caleg NasDem yang mengantongi suara terbanyak.

Sedangkan, Mantan Gubernur NTT Victor Laiskodat yang hanya memperoleh 65.359 suara, masih jaduh dari suaran yang diperoleh Ratu Wulla pada Pileg 2024 lalu.

Siapa Ratu Wulla Caleg NasDem?

Ratu Ngadu Bonu Wulla lahir di Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 12 Oktober 1979 dan salah satu Caleg NasDem.

Masa sekolahnya di Waikabubak. Ratu bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Waikabubak. Istri dari mantan Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu, itu pernah menjadi ketua kelas di bangku SMP.

Ratu menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Waikabubak pada 1994 hingga1997. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Osis di maktab tersebut.

Ratu kuliah di Universitas Mataram pada 1998 dengan mengambil jurusan Teknik Sipil. Pada 2002 ia dipercaya menjadi bendahara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Oikumene di universitas tersebut.

Ratu juga sempat menjabat Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), pada 1999-2001 di Fakultas Teknik Universitas Mataram.

Kiprah Ratu di organisasi juga terentang saat Ratu menjabat sebagai pengurus Bidang Pemberdayaan Anggota DPC Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Kota Mataram 2003-2008.

Dia juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua DPD KNPI NTB pada 2004. Ratu menikah dengan Markus Dairo Talu. Dari pernikahan tersebut ia dikaruniai empat anak.

Ratu Wulla merupakan pemilik Ratu Salon sejak tahun 2003 hingga kini. Dia juga menjabat sebagai pimpinan dan pengajar di Lembaga Kursus Kecantikan Ratu sejak 2006 sampai sekarang.

Ratu adalah anggota DPR 2019-2024 dari NasDem. Ia merupakan anggota Komisi IX yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan.