Siapa Itu Benny Mamoto? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Benny Mamoto Jadi Sorotan

KAWANPUAN.COM – Benny Mamoto merupakan pensiunan dari anggota Polri dan sekarang Ketua Hari Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas Republik Indonesia.

Kompolnas adalah sebuah lembaga kepolisian nasional di Indonesia yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab pada Presiden Republik Indonesia.

Lembaga ini di bentuk berdasarkan Perpres No.17 tahun 2011 yang di keluarkan Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Irjen. Pol. Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si., adalah seorang Jenderal Polri Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional.

Dalam kariernya di Polri ia berhasil mencapai jenjang kepangkatan Inspektur Jenderal. Setelah pensiun, Benny bergabus menjadi bagian dari Kompolnas Republik Indonesia.

Belakangan ini publik banyak menyorot nama Benny Mamoto. Publik menyoroti sikap Ketua Harian Kompolnas yang terkesan membela Polri, dari pada menjalankan tugasnya.

Di mana belakangan ini kembali muncul sebuah video penjelasan Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto terkait kasus polisi tembak polisi di rumah polisi tersebut.

Benny Mamoto menjelaskan detail tembak-menembak antara Brigadir Joshua dengan Bharada Eliezer seperti cerita Bharada Eliezer yang disebutkan sebagai skenario.

“Kebetulan saya tadi turun langsung mendengar langsung dari tim penyidik di Polres Jakarta Selatan, karena banyak silang pendapat di masyarakat,” kata Benny dalam video tersebut.

Benny menjelaskan bahwa kasus tewasnya Brigadir Joshua karena pelecehan seksual. Brigadir J masuk ke kamar kemudian istri Kadiv Propam teriak.

Lalu turun Bharada Eliezer dan menanyakan ada apa. Dan ternyata Brigadir Joshua sedang menodongkan senjata dan tak lama kemudian melakukan tembakan kearah Bharada E.

Sehingga terjadilah tembak menembak. Lalu muncul pertanyaan masyarakat. Brigadir Joshua tujuh tembakan, tidak ada yang kena. Sementara Bharada E lima tembakan, kena semua,” kata Benny.