Semangka Bisa Menaikan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasannya

Semangka Bisa Menaikan Kadar Gula Darah

KAWANPUAN.COM – Selain menyegarkan dan kaya akan nutrisi, rupanya buah semangka bisa menaikan kadar gula darah. Ini penjelasannya.

Semangka, buah yang identik dengan musim panas ini memang menyegarkan dan kaya akan nutrisi. Namun, bagi penderita diabetes, konsumsi semangka perlu diperhatikan. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Kandungan Gula dan Indeks Glikemik Semangka

Setiap 100 gram semangka mengandung sekitar 6 gram gula. Kandungan gula ini termasuk tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain, seperti apel (10 gram per 100 gram) atau jeruk (9 gram per 100 gram).

Selain itu, semangka memiliki indeks glikemik (IG) sebesar 72. IG merupakan nilai yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah.

IG 72 tergolong tinggi, sehingga konsumsi semangka dapat menyebabkan lonjakan gula darah pada orang yang sensitif terhadap gula.

Efek Semangka pada Kadar Gula Darah

Konsumsi semangka dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Hal ini dapat memperburuk gejala diabetes, seperti kelelahan, sering buang air kecil, dan rasa haus yang berlebihan.

Tips Aman Konsumsi Semangka bagi Penderita Diabetes

Meskipun memiliki IG tinggi, semangka bukan berarti tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut beberapa tips aman untuk mengonsumsi semangka:

  • Konsumsi dalam jumlah moderat: Batasi konsumsi semangka maksimal 100 gram per hari.
  • Perhatikan waktu makan: Hindari makan semangka sebagai makanan utama. Konsumsi semangka sebagai camilan di antara waktu makan.
  • Kombinasikan dengan makanan tinggi serat: Kombinasikan semangka dengan makanan tinggi serat, seperti kacang-kacangan atau yogurt, untuk memperlambat penyerapan gula.
  • Pantau kadar gula darah: Pantau kadar gula darah setelah konsumsi semangka untuk melihat efeknya pada gula darah Anda.

Kesimpulan

Buah semangka aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah moderat. Konsumsilah dengan bijak dan perhatikan efeknya pada kadar gula darah Anda.