Polisi Hentikan Festival Berdendang Bergoyang 2022, Ini Alasannya

Festival Berdendang Bergoyang

KAWANPUAN.COM – Polisi hentikan Festival Berdendang Bergoyang di Istora Senayan Parkir Selatan, Tanah Abang Jakarta Pusat selama 28 hingga 30 Oktober 2022.

Penyelenggaraan terakhir event musik semua genre ini adalah pada Sabtu (29/10). Usut punya usut, penghentian karena ada kesalahan dari pihak penyelenggara.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan ada kesalahan dari penyelenggara Festival Berdendang Bergoyang sejak hari pertama penyelenggaraan.

Komaruddin mengurai bahwa pihaknya menemukan beberapa fakta yang memang di langgar oleh manajemen. Penemuan di hari pertama itu berupa surat keramaian.

Polres Jakarta Pusat memberikan izin untuk jumlah undangan penonton sampai dengan 3.000. Kemudian pihaknya menemukan surat ke Dinas Parekraf dan Satgas Covid-19 itu 5.000.

“Sementara di hari pertama itu pengunjung tembus di angka 20.000 lebih,” kata Komarudin, kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Masih di hari pertama, Komarudin juge menyebut tenda kesehatan panitia tidak memadai. Akibatnya, banyak orang yang sempat membutuhkan pertolongan kesehatan jadi terhambat.

“Hari pertama juga, saya menemukan langsung dari 5 panggung yang ada di dalam Istora, hanya ada 1 tenda kesehatan dengan 5 orang petugas,” katanya menambahkan.

“Ukuran 3×3. Kami menemukan antrian orang-orang yang memang membutuhkan bantuan tenaga medis,” kata Komarudin.

Akibat peristiwa ini, pihak kepolisian memanggil panitia ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan.

Hasil pertemuan antara kepolisian dan panitia, menyimpulkan adanya pengurangan jumlah penonton, panggung musik dan penambahan jumlah tenaga medis.

Rupaya, hal itu tak di gubris oleh pihak panitia. Imbasnya, penonton justru membludak pada Sabtu (29/10) malam.

“Ternyata inipun tidak mereka dengarkan. Bahkan semalam, sekitar jam 9, kami menemukan data bahwa dari pintu satu dan pintu dua yang di buka total pengunjung sudah 21.500 lebih,” kata Komarudin.

Hasilnya, even hari ketiga ini dihentikan. Sementara itu, dalam akun instagram @berdendangbergoyang pihak panitia memutuskan untuk tidak membuka event di hari ketiga dengan alasan keamanan.

“Dengan sangat sedih hati, kami mengumumkan bahwa berdendang bergoyang festival hari ke-3 tanggal 30 Oktober 2022 harus di tiadakan. Dengan alasan keselamatan dan aturan dari pihak berwajib kami harus terpaksa meniadakan acara pada hari ke-3,” isi keterangan.