Pesona Keindahan Gunung Guntur Penuh Misteri

Pesona Keindahan Gunung Guntur

Kawanpuan.com – Pesona keindahan Gunung Guntur sama dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia lainnya. Di balik keindahan Gunung Guntur rupanya penuh misteri.

Gunung Guntur berada di Kampung Dukuh Desa Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Gunung yang kerap di sebut sebagai miniature Gunung Semeru ini memiliki luas kawasan sekitar 250 ha yang masih berupa areal terbuka.

Dan seluruhnya di kelola oleh BKSDA Jawa Barat II yang mengacu pada aspek legalitas berupa SK Mentri Kehutanan No:274/kpts II/99.

Berdasarkan situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gunung Guntur merupakan gunung yang masih aktif dengan aktivitas vulkanik memiliki ketinggian 2.000 m dari permukaan laut dan memiliki satu kawah di salah satu puncaknya.

Layaknya Gunung Rinjani, Gunung Guntur juga memiliki dua kaldera. Kaldera itu ialah Kaldera Pangkalan di sebelah timur dan Kaldera Gandapura di sebelah barat gunung.

Lalu, dari gunung ini pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan yang meanrik. Pemandangan tersebut dilihat dari puncak dengan keindahan kaldera tersebut.

Tidak bisa di pungkiri, Gunung Guntur merupakan nama salah satu puncak dari deretan gunung berapi. Hal ini di karenakan, ketika berada di puncak, pendaki bisa memperhatikan berbagai macam puncak gunung lainnya.

Untuk akses menuju Gunung Guntur dapat menggnakan angkutan kota jurusan Garut-Cipanas. Para pendaki dapat menggunakan angkutan tradisional berupa delman dengan tarif Rp 3.000.

Aksesibilitas untuk menuju wilayah Gunung Guntur yaitu berupa jalan raya dengan kelas jalan kecamatan yang memiliki lebar 3 m dan panjang 3 km dengan kondisi baik.

Jalan akses yang memiliki kondisi yang cukup dengan kelas jalan desa yang memiliki lebar 2.5-3m dan panjang 2 km, dan juga terdapat jalan setapak dengan lebar 0.5-1 m dengan kondisi yang cukup.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *