Perbedaan Tim Irsus dan Timsus Polri Usut Polisi Tembak Polisi

Perbedaan Tim Irsus dan Timsus Polri Usut Polisi Tembak Polisi

KAWANPUAN.COM – Kasus polisi tembak polisi di rumah polisi hingga menewaskan Brigadir J masih menjadi atensi publik. Lantas bagaimana perkembangan kasusnya?

Belakangan ini publik banyak yang bertanya tentang tugas dari Tim Irsus Polri dan Timsus Polri dalam mengusut kasus polisi tembak polisi di rumah polisi tersebut.

Publik yang penasaran dengan tugas dua tim bentukan Polri tersebut. Atas desakan publik yang ingin mengetahui tugas masing-masing, Polri akhirnya menjelaskan.

Untuk mengungkap kasus kematian Brigadir J usai baku tembak dengan Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri, terbentuk Tim Irsus dan Timsus Polri.

Tim Irsus adalah Tim Inspektorat Khusus yang bertugas melakukan pemeriksaan terhadap polisi-polisi yang memeriksa tempat kejadian perkara (TKP) kematian Brigadir J.

Sementara Timsus adalah Tim Khusus yang bekerja memproses pembuktian secara ilmiah dalam kasus kematian Brigadi J usai baku tembak dengan Bhadara E.

Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menjelaskan perbedaan dua tim yang menangani kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Pertama, ada namanya Tim khusus atau Timsus yang di bentuk secara langsung oleh Kapolri, di pimpin oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

Sedangkan untuk Tim Inspektorat Khusus atau Irsus yang tugasnya sangat berbeda dengan Timsus. Timsus bekerja berproses dan bekerja secara ilmiah.

Mereka, bekerja berdasarkan Scientific Crime Investigation (SCI). Lalu, Irsus sendiri fokus terhadap pelanggaran kode etik terhadap polisi.

Itulah tadi penjelasan perbedaan Tim Irus dan Timsus Polri, yang selama ini menangani kasus kematian Brigadir J dalam kasus polisi tembak polisi di rumah polisi.

Dengan penjelasan singkat ini, semoga publik mengetahui perbedadan Irsus dan Timsus Polri. Kemudian kasus polisi tembak polisi akan selesai dengan terang benderang.