Penyakit Empty Sella Syndrome Serang Tubuh Ruben Onsu

Penyakit Empty Sella Syndrome

KAWANPUAN.COM – Penyakit Empty Sella Syndrome merupakan nama penyakit yang serang kesehatan tubuh presenter Ruben Onsu. Berikut gejala penyakit ini.

Presenter Ruben Onsu belakangan menderita Empty Sella Syndrome. Kebanyakan dari kita mungkin awam dengan penyakit ini. Apa itu empty sella syndrome?

Penyakit Empty sella syndrome adalah kondisi langka, di mana kelenjar pituitari menyusut karena terdapat masalah dengan isi dalam sella turcica.

Sella turcica adalah struktur tulang di dasar otak mengelilingi dan melindungi kelenjar pituitari. Kelenjar pituitari adalah kelenjar kecil yang terletak di dasar otak, di bawah hipotalamus.

Ini merupakan bagian dari sistem endokrin yang bertanggung jawab untuk memproduksi banyak hormon penting. Hormon-hormon ini memengaruhi dan mengendalikan kelenjar lain dalam sistem endokrin.

Ketika kelenjar pituitari menjadi rata atau menyusut, kelenjar pituitari mungkin tidak akan terlihat saat Anda melakukan CT scan atau MRI.

Hal ini membuat area kelenjar pituitari atau sella turcica terlihat kosong, sehingga disebut dengan empty sella. Namun sebenarnya, sella turcica tidak kosong.

Karena sella turcica sering di isi dengan cairan serebrospinal atau CSF. CSF adalah cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Dalam kondisi empty sella, CSF telah bocor masuk ke dalam sella turcica, yang kemudian memberi tekanan pada kelenjar pituitari. Hal ini menyebabkan kelenjar pituitari menyusut atau menjadi rata.

Seseorang bisa mengalami empty sella tanpa gejala apa pun, dan kelenjar pituitari tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika seseorang mengalami empty sella dan kelenjar pituitarinya tidak berfungsi dengan baik, maka kondisi ini disebut empty sella syndrome.

Sindrom adalah sekumpulan tanda dan gejala medis yang berhubungan satu sama lain, dan sering dikaitkan dengan kondisi tertentu.

Seseorang dengan empty sella syndrome dapat mengalami ketidakseimbangan hormon, penglihatan buram, dan sering sakit kepala.

Siapa Orang yang Rentan dengan Empty Sella Syndrome?

Empty sella syndrome adalah kondisi yang langka, namun, baik anak-anak ataupun orang dewasa bisa mengalami kondisi ini.

Wanita lebih umum mengalami empty sella syndrome, ketimbang pria. Kondisi langka ini juga lebih umum terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas atau tekanan darah tinggi.