Kawan Puan Wajib Tahu Pengertian Kesehatan Mental

Pengertian Kesehatan Mental

KAWANPUAN.COM – Melalui artikel ini Kawan Puan akan mengetahui tentang pengertian kesehatan mental. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan mental Kawan Puan.

Maka dari itu, Kawan Puan wajib tahun pengertian kesehatan mental. Yuk langsung saja simak pengertian tentang kesehatan mental atau mental health sebagai berikut ini.

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain.

Namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja. oleh sebab itu, sudah saatnya kita menjalankan pola hidup sehat.

Pengertian Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya

Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak boleh luput dari perhatianmu. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidupmu juga bisa menurun. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kesehatan mental, mari simak ulasan berikut ini.

Seseorang dapat di katakan sehat secara mental ketika ia merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial.

Kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain.

Alasan Kesehatan Mental Perlu Dijaga

Kepekaan dan kesadaran terhadap kesehatan mental tak hanya berlaku pada orang dewasa yang sedang produktif, tetapi juga anak-anak, remaja, bahkan lansia.

Orang dengan kesehatan mental yang prima dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang di milikinya dengan maksimal.

Ia juga mampu berpikir positif dan jernih ketika di hadapkan dengan berbagai persoalan. Hal ini akan menuntun dia menjadi pribadi yang lebih baik dalam menyikapi masalah.

Mental yang sehat juga baik untuk kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat.

Ia juga lebih mampu memberikan kontribusi yang baik kepada komunitas atau orang-orang di sekitarnya.

Tidak hanya itu, kesehatan mental juga dapat memengaruhi kesehatan fisik. Seperti kata pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, seseorang dengan kesehatan mental yang baik terbukti berisiko lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.