Pembunuh Anak di Cimahi, Berikut Motif dan Kronologinya

Motif Pembunuhan Anak di Cimahi

KAWANPUAN.COM – Kasus pembunuh anak di Cimahi menjadi perhatian publik di seluruh Indonesia. Aksi keji ini mengudang reaksi beragam dari publik.

Berikut kronologi dan motif pembunuh anak di Cimahi, yang berhasil media ini rangkum dari berbagai sumber kompeten pada, Senin 24 Oktober 2022.

Polisi telah menangkap pelaku pembunuh anak perempuan pulang ngaji di Cimahi, Jawa Barat. Pelaku di tangkap beberapa saat usai polisi mengungkapkan sosok pelaku.

Anak perempuan berusia 12 tahun berinisial PS di tusuk sepulang mengaji di kawasan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Rabu (19/10).

Korban sempat sempat berjalan menuju ke arah rumahnya kemudian tumbang di pinggir Jalan Mukodar Raya sampai di temukan oleh warga sekitar.

Meski sempat di bawa ke klinik terdekat lalu di rujuk ke rumah sakit, namun korban akhirnya tak dapat di selamatkan. Korban mengalami luka tusuk yang cukup parah pada bagian punggung.

Identitas sosok pelaku pembunuh anak di Cimahi bernama Rizaldi Nugraha Gumilar alias Ical, warga Gang Saluyu VI, RT 04/04, Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

“Berdasarkan hasil persesuaian di dapatkan terduga pelaku ini atas nama Rizaldi Nugraha Gumilar alias Ical,” ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Motif Pembunuhan Anak di Cimahi

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, dari hasil penyelidikan, motif pelaku pembunuh anak di Cimahi adalah pencurian dengan kekerasan kepada anak.

Pelaku hendak menguasai barang berharga milik korban. “Modus operandinya yaitu pencurian dengan kekerasan seorang tersangka kepada korban anak yang menyebabkan matinya seseorang,” katanya.

“Motifnya sama, niat untuk melakukan pencurian dengan kekerasan kepada seseorang yang menyebabkan matinya korban,” tambah Ibrahim Tompo.

Berdasarkan penyelidikan, di duga kuat merupakan aksi pembunuhan berencana dan di sertai dengan delik pencurian dengan kekerasan.

“Aksi tersebut menyebabkan matinya atau meninggal korban (anak perempuan di bawah umur),” terang Ibrahim.

Kronologi Penangkapan Pelaku Pembunuh Anak

Kronologi penangkapan pelaku pembunuh anak di Cimahi tersebut berdasarkan  data, informasi, serta alat-alat bukti petunjuk kepolisian.

Termasuk berbekal dari rekaman CCTV di lokasi kejadian. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan latar belakang penentuan pelaku Rizaldi.

Yakni dari informasi, keterangan, serta data dari saksi dan hasil olah TKP. Polisi pun menyebarluaskan informasi identitas pelaku tersebut pada masyarakat.

Pelaku akhirnya di tangkap beberapa saat usai polisi mengumumkan identitasnya pada Minggu (23/10). “Sudah (ditangkap),” ujad Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo.

Atas aksinya tersebut, pelaku pembunuh anak di Cimahi bernama Rizaldi alias Ical di jerat pasal 340 Jo 339 Jo 338 Jo 365 ayat (3) KUHP Jo pasal 80 ayat 3 Undang-undang Nomor 17 tahun 2016 tentang perubahan ke-2 atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Ancaman hukumannya itu pidana penjara sampai 20 tahun,” tutur Ibrahim.