Pemakaman Jenazah Brigadir Joshua Berlangsung Secara Kedinasan

Pemakaman Jenazah Brigadir Joshua

KAWANPUAN.COM – Setelah proses autopsi selesai, proses pemakaman jenazah Brigadir Joshua berlangsung secara kedinasan sesuai permintaan pihak keluarga.

Pemakaman jenazah Brigadir Joshua berlangsung secara kedinasan pada Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 15.45 WIB. Berikut informasi lengkapnya.

Akhirnya, jenazah Brigadir Joshua dimakamkan secara kedinasan usai otopsi ulang jenazah Brigadir J di RSUD Sungai Bahar.

Lokasi pemakaman Brigadir Joshua pun mendapat penjagaan ketat dari kepolisian. Terlihat keluarga besar Brigadir Joshua sudah menunggu di lokasi pemakaman.

Setelah turun dari mobil ambulans, peti jenazah Brigadir Joshua tidak langsung masuk ke lubang makam. Proses pemakaman secara kedinasan pun berlangsung.

Selanjutnya, peti jenazah berwarna putih itu kembali masuk ke dalam lubang makam oleh anggota polisi sebagaimana pemakaman kedinasan pada umumnya.

Untuk di ketahui, otopsi ulang jenazah Brigadir Joshua berlangsung di RSUD Sungai Bahar sejak pukul 08.15 WIB. Otopsi ulang jenazah ajudan Ferdy Sambo itu baru rampung sekitar empat jam kemudian.

Otopsi juga di warnai urungnya keluarga mengikuti jalannya otopsi ulang karena alasan kode etik kedokteran.

Rencana awal, keluarga akan menyaksikan seluruh proses otopsi ulang jenazah Brigadir Joshua melalui kamera CCTV yang terpasang di lokasi otopsi.

“Benar, awalnya demikian. Namun batal karena ada pertimbangan lain yakni kode etik kedokteran,” kata pengacara keluarga, Kamaruddin Simanjuntak di RSUD Sungai Bahar.

Akan tetapi, pihaknya sudah meminta pengawasan melalui dokter keluarga dan juga pengamat kesehatan dari tim kuasa hukum keluarga.

“Saya jelaskan, bahwa yang boleh melihat proses autopsi tersebut adalah yang ahli di bidangnya,” jelasnya sebagaimana Kawanpuan kutip dari JambiIndependent.co.id.

“Kami dari pengacara tidak bisa juga, namun sudah mengutus pengamat kesehatan dari kami,” sambungnya.

Untuk hasil otopsi ulang Brigadir Joshua, sambungnya, akan tim dokter forensik berikan kepada peyidik Barekrim Polri.

“Benar. Tapi pihak keluarga bersama tim kuasa hukum nantinya juga berhak untuk mendapatkan resume dari hasil autopsi hari ini,” jelasnya.

Hanya saja, Kamaruddin mengaku tak mengetahui persis kapan hasil autopsi ulang jenazah Brigadir Joshua itu akan diberikan kepada pengacara dan keluarga.

“Yang pasti kita sudah minta detail semuanya di cek dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kita juga sudah tempatkan satu dokter dari keluarga yakni Ibu Lubis untuk mengawasi di dalam,” tandas Kamaruddin.