Usah Takut Operasi Caesar, Tidak Seperti Kawan Puan Bayangkan

Tak Usah Takut Operasi Caesar

Tak Usah Takut Operasi Caesar

Kawanpuan.com – Operasi caesar kerap di pilih ibu hamil karena bisa di rencanakan dan tidak sesakit persalinan normal. Namun, masih banyak juga yang takut dengan operasi ini.

Padahal, bila memang ada indikasi dan di lakukan sesuai anjuran dokter, operasi caesar mungkin lebih aman dari pada persalinan normal.

Setiap ibu hamil perlu menjalani pemeriksaan kandungan ke dokter atau bidan secara rutin agar kondisi kesehatan tubuh serta janinnya dapat terpantau.

Melalui pemeriksaan tersebut, dokter bisa menyarankan langkah persalinan yang tepat, yaitu persalinan normal atau melalui operasi caesar.

Prosedur Operasi Caesar untuk Kawan Puan Ketahui

Melahirkan melalui operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu, bukan dari vagina.

Sebelum pembedahan, dokter akan memberikan obat bius atau anestesi epidural agar area perut yang akan di sayat menjadi mati rasa. Namun, pada kasus tertentu, dokter juga bisa memberikan bius total.

Setelah obat bius bekerja, dokter mulai melakukan operasi caesar dengan membuat sayatan pada perut dan otot rahim, kemudian mengeluarkan bayi secara perlahan.

Prosedur ini biasanya tidak memerlukan waktu lama dan bahkan tidak sampai hitungan jam hingga bayi akhirnya berhasil di lahirkan.

Risiko Melahirkan dengan Operasi Caesar

Kendati operasi caesar adalah prosedur yang cukup umum dilakukan dan dinilai aman, operasi ini termasuk jenis operasi besar yang tetap memiliki risiko.

Hal inilah yang membuat dokter tidak merekomendasikan prosedur ini untuk semua kasus.

Selain itu, beberapa riset juga menyebutkan bahwa ibu yang pernah melahirkan dengan operasi caesar lebih berisiko mengalami masalah pada plasenta, seperti plasenta previa atau plasenta akreta, di kehamilan selanjutnya.

Selain itu, operasi caesar juga diketahui dapat memengaruhi sistem imun bayi yang baru lahir. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya paparan bakteri di vagina yang dapat merangsang reaksi awal sistem kekebalan tubuh pada bayi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan pemberian nutrisi melalui ASI. ASI mengandung nutrisi lengkap, termasuk prebiotik dan probiotik.

Kedua nutrisi yang juga disebut sinbiotik ini diketahui dapat mengembalikan keseimbangan mikrobiota di saluran cerna sehingga bisa mendukung sistem imun Si Kecil.

Tips Usai Menjalani Operasi Caesar

Rasa nyeri yang dialami oleh ibu hamil setelah menjalani operasi caesar biasanya hanya berlangsung selama beberapa minggu dan akan berangsur-angsur membaik seiring pemulihan.

Untuk mendukung proses pemulihan setelah operasi caesar, ada beberapa hal yang perlu Kawan Puan lakukan, di antaranya:

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *