Nyeri Pinggang Berdasarkan Penyebabnya dan Obatnya

Nyeri Pinggang Berdasarkan Penyebabnya

Nyeri Pinggang Berdasarkan Penyebabnya

Kawanpuan.com – Nyeri pinggang merupakan kondisi yang umum terjadi dan sering kali membaik tanpa penanganan medis dari dokter.

Namun, Kawan Puan harus mengetahui nyeri pinggang bedasarkan penyebabnya hingga memerlukan penanganan medis dari dokter.

Sakit pinggang dapat berupa kaku dan sakit yang terasa tajam dan menusuk pada otot. Rasa nyeri yang muncul juga dapat memburuk saat Kawan Puan membungkuk, mengangkat barang, berdiri, atau berjalan.

Kawan Puan, umumnya nyeri pinggang di sebabkan oleh adanya masalah pada salah satu atau lebih bagian pinggang, seperti ligamen, otot, saraf, dan struktur tulang yang membentuk tulang belakang, atau gangguan pada organ terdekat dari pinggang.

Jenis Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang yang tidak spesifik dapat terjadi karena proses mekanis dan proses inflamasi. Berikut ini adalah penjelasannya:

Nyeri pinggang akibat proses mekanis

Sakit pinggang karena proses mekanis terjadi ketika tulang belakang, bantalan tulang rawan, dan jaringan lunak di pinggang mengalami cedera.

Kondisi ini merupakan jenis nyeri pinggang yang sering terjadi dan sebagian besar akan sembuh dalam waktu 2-4 minggu.

Sakit pinggang mekanis umumnya di sebabkan oleh peristiwa cedera akut, seperti terpelintir atau kecelakaan kendaraan bermotor.

Selain itu, nyeri pinggang mekanis juga bisa terjadi karena peristiwa cedera kumulatif seperti cedera di tempat kerja.

Sakit Pinggang Akibat Proses peradangan

Sakit pinggang karena peradangan atau inflamasi merupakan nyeri yang terkait dengan kondisi spondyloarthritis atau radang sendi tulang belakang.

Kondisi ini umumnya terjadi di pinggang bawah dan bokong. Sakit pinggang inflamasi bersifat kronis dan bisa berlangsung hingga lebih dari 3 bulan.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *