Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram 1444 H

Niat Puasa Ayyamul Bidh

KAWANPUAN.COM – Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram 1444 H di barengi puasa Senin Kamis agar mendapat dua keutamaan sekaligus.

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang Kawan Puan jalankan selama tiga hari dalam tiap bulan ketika rembulan sedang purnama yakni, tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulan qamariyyah.

Jadwal hari pertama Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram 1444 Hijriah jatuh bertepatan pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022 hingga Sabtu 13 Agustus.

Hari Kamis merupakan waktu yang disunnahkan untuk menjalankan puasa Senin-Kamis. Dalil di sunnahkannya puasa Ayyamul Bidh ini tertuang dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi dan Imam Nasai, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ

ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Hai Abu Dzar, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR Tirmidzi dan an Nasai)

Imam Bukhari menulis sebuah bab di dalam Kitab Shahihnya dengan judul : “puasa hari-hari bidh (hari putih/purnama)”, hari ke 13, 14 dan 15).

Dinamai ayyamul bidh terkait dengan kisah Nabi Adam AS ketika diturunkan ke muka bumi.

Riwayat Ibnu Abbas mengatakan, ketika Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam/gosong.

Kemudian Allah memberikan wahyu kepadanya untuk berpuasa selama tiga hari (tanggal 13, 14, 15). Ketika berpuasa pada hari pertama, sepertiga badan Nabi Adam As menjadi putih.

Puasa hari kedua, sepertiganya lagi menjadi putih. Puasa hari ketiga, sepertiga sisanya menjadi putih.

Niat Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022 Dibarengi Puasa Senin Kamis Ustaz Hanif Luthfi Lc dalam bukunya berjudul :

Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan, puasa sunnah seperti puasa Ayyamul Bidh bisa di gabung bersamaan dengan puasa sunnah lainnya ketika bersamaan dalam satu hari.

Berikut bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022 dibarengi Puasa Senin Kamis, Arab, Latin dan Artinya: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِايام البيض وَعَنْ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghadin ‘An adaai sunnati Ayyamul Bidh wa ‘an shouma yaumal khomiis lillahi Ta’alaa

“Saya niat puasa sunnah Ayyamul Bidh esok hari dan puasa hari kamis karena Allah Ta’ala.”