Mengenal Kuala Kencana, Kawasan Pemukiman Modern Pertama Indonesia

Mengenal Kuala Kencana

KAWANPUAN.COM – Mengenal lebih dekat Kuala Kencana yang merupakan sebuah kawasan atau distrik modern yang berada di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia.

Kuala Kencana ini di kelola oleh PT. Freeport Indonesia dan ini bukan tempat untuk wisata, karena merupakan wilayah terbatas dari PT Freeport Indonesia.

Untuk mengenal Kuala Kencana merupakan sebuah kawasan hunian modern pertama Indonesia yang tertata rapi dan tanpa tiang listrik ini juga membatasi setiap kendaraan yang lewat.

Kendaraan yang ingin keluar-masuk akan melewati pos pemeriksaan ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Penataan kota Kuala Kencana ini terkenal bagus karena tak ada tiang listrik yang berdiri. Sistem kelistrikan di Kuala Kencana berada di bawah tanah.

Tak hanya saluran kelistrikan, saluran komunikasi hingga distribusi air bersih pun tertanam di bawah tanah.

Kuala Kencana juga merupakan kota pertama di Indonesia yang punya sistem pembuangan air kotor yang langsung terhubung dengan pusat pengelolaan limbah.

Perumahan di Kuala Kencana juga menggunakan konsep modern bergaya barat. Sangat berbeda dengan hunian orang Indonesia kebanyakan.

Rumah-rumah di bangun tanpa pagar dan di lengkapi dengan halaman yang luas. Susunan hunian juga teratur dan rapi dan menyatu dengan kondisi alam di dataran rendah.

Beberapa kompleks pemukiman warga Kuala Kencana antara lain RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartemen, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor’s Quarter.

Kawasan ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Ada perkantoran PT Freeport Indonesia, komplek perumahan karyawan, lapangan sepak bola, lapangan badminton indoor.

Kemudian ada juga, lapangan futsal indor, kolam renang standar olimpiade, lapangan golf, hingga pusat perbelanjaan.

Fasilitas publik seperti sekolah, alun-alun (The Plaza), gereja, masjid, salon, perpustakaan, restoran, hingga layanan perbankan juga tersedia.

Jalanan di daerah ini juga beraspal halus dan kawasan Kuala Kencana ini penya kualitas udara yang bersih.
Hunian Kuala Kencana sendiri diresmikan pada 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto.