Tidur Cukup Bisa Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Kawanpuan.com – Solusi mencegah penuaan sejak dini salah satunya adalah dengan tidur cukup. Kawan Puan, kamu tentunya tidak ingin kan mengalami penuaan dini?

Ternyata tanpa kita sadari, ada banyak kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan bintik hitam di wilayah wajah.

Meskipun tanda-tanda penuaan akan muncul seiring bertambahnya usia seseorang, tidak ada salahnya untuk memperlambat proses penuaan tersebut.

Menerapkan sejumlah kebiasaan baik tidak hanya bisa mencegah penuaan dini, tetapi juga bisa menjaga kesehatan kulit. Lantas apa saja kebiasaan baik untuk mencegah penuaan dini?

Dari lima pernjelasan di bawah ini, tidur cukup salah satu mencegah penuaan dini, seperti saduran dari MU Health!

Lima Solusi Bisa Mencegah Penuaan Dini

1. Menggunakan tabir surya
Kawan Puan, menggunakan sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu kebiasaan paling penting untuk mencegah penuaan dini.

Sebab, tabir surya tidak hanya mencegah terjadinya kanker kulit, melainkan juga dapat memberikan perlindungan bagi kulit agar tidak terpapar oleh sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan penuaan.

Bintik hitam, kulit kendur, dan garis halus merupakan sejumlah tanda penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Saat beraktivitas sehari-hari, kamu sebaiknya mengaplikasikan tabir surya dengan kandungan SPF 35 atau lebih.

2. Mendapatkan cukup tidur
Sudah merupakan hal yang umum diketahui oleh orang bahwa kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan penuaan dini.

Untuk mencegah proses penuaan, kamu sebaiknya tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap harinya.

Mendapatkan cukup tidur tidak hanya dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan obesitas, tetapi juga bisa mengurangi inflamasi serta meningkatkan kemampuan otak untuk fokus.

3. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang
Tak hanya bisa menyebabkan obesitas dan penyakit jantung, mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan juga bisa mempercepat proses penuaan, Kawan Puan.

Tanda-tanda penuaan yang bisa muncul akibat mengonsumsi makanan tidak sehat adalah munculnya lingkaran hitam di mata dan kerutan di kulit.

Sebaliknya, untuk menunda proses penuaan, kamu di sarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayur, dan gandum utuh.

4. Rutin minum air putih
Kawan Puan, minuman manis yang saat ini menjamur di mana-mana memang terasa menyegarkan dan nikmat.

Namun, terlalu sering meminum minuman manis, kemudian mengabaikan asupan air putih justru dapat menyebabkan proses penuaan, loh.

Banyak minum air putih dapat membantu kulit agar tetap terhidrasi dan tampak muda.

5. Olahraga
Kebiasaan lainnya yang bisa memperlambat proses penuaan dini adalah olahraga.

Olahraga rutin selama 150 menit per minggu sangat direkomendasikan untuk melindungi tubuh dari risiko kolesterol, diabetes, dan demensia.

Agar aliran darah tetap lancar setiap harinya, Kawan Puan bisa meluangkan waktu selama 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Kawan Puan, itulah kebiasaan baik yang bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain melakukan 5 kebiasaan di atas, jangan lupa untuk tetap rutin menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif, ya!

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *