Memberi Reward Anak Mampu Bentuk Perilaku Baik

Memberi Reward Anak

KAWANPUAN.COM – Memberi reward anak rupanya mampu bentuk perilaku baik pada anak tersebut. Kok bisa begitu? Berikut ulasan lengkapnya untuk Kawan Puan.

Anak-anak umumnya merasa sangat bahagia dan senang, ketika orang tua memberinya reward atau apresiasi saat anak melakukan suatu hal yang harus ia kerjakan.

Reward merupakan bentuk dukungan dari orang tua untuk anak atas prestasi atau pencapaian yang ia lakukan dan kerjakan. Mengenai reward, ini adalah suatu hal yang baik.

Pemberitaan reward anak rupanya bisa membentuk perilaku anak menjadi lebih baik ke depannya. Penasaran seperti apa saja manfaat memberi reward kepada anak?

Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengatakan dengan memberikan reward kepada anak mampu membentuk perilaku baik pada anak.

Memberi reward juga akan membantu anak menjadi pribadi yang lebih positif ke depannya. Rasa bahagia di hati anak karena telah mendapat reward dari orang tua.

Sejalasan dengan itu, kata dia, ini mendukungnya untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. Jadi berikut adalah beberapa manfaat memberi reward ke anak.

Manfaat Memberi Reward ke Anak

Selain membentuk perilaku baik anak, memberi reward ke anak juga memiliki beberapa manfaat lain. Adapun manfaat tersebut menurut Vera antara lain sebagai berikut:

Meningkatkan self-esteem anak. Anak berpikir positif karena ia telah berhasil melakukan sesuatu atau mencapai suatu hal.

Anak cenderung merasa bahagia dan bangga dengan pencapaian yang ia lakukan. Dengan begitu, anak akan berusaha melakukan yang lebih baik lagi ke depannya.

Mempererat hubungan anak dan orang tua. Pemberia reward juga akan membantu anak memiliki hubungan yang lebih erat serta bahagia bersama orang tua.

Anak yang menerima reward dari orang tua, akan merasa dihargai, dicintai serta disayang oleh orang tua. Inilah yang kemudian membuat anak bisa makin dekat dengan orang tua.

Anak lebih terampil. Pemberian reward juga akan mendorong anak menjadi pribadi yang lebih terampil, aktif dan bersikap lebih baik ke depannya.

Dengan pencapaian yang telah berhasil ia lakukan, ini mendorongnya untuk melakukan pencapaian yang lebih baik lagi ke depannya

Anak lebih rajin dan penurut. Beberapa ahli percaya jika pemberian reward atas apa yang dilakukan anak membantunya menjadi pribadi yang lebih rajin dan penurut.

Anak-anak ini juga akan membiasakan diri melakukan aktivitas harian dengan lebih baik lagi.

Itulah sekilas mengenai manfaat pemberian reward ke anak. Meski memberikan reward  banyak manfaat, pemberian reward juga harus dengan lebih bijak.

Pemberian reward tidak boleh dilakukan terlalu sering dan berlebihan karena ini justru akan membuat anak makin manja.

Anak yang di beri reward secara berlebihan, akan rentan menanti reward saat orang lain memerintah atau memberikan nasehat padanya.

Saat ia tak di beri reward, ia pun akan merasa marah dan kecewa. Ini yang akhirnya menjadikan pemberian reward justru tak lagi baik atau tak lagi bermanfaat. Semoga informasi ini bermanfaat.