Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Air Kelapa Ibu Hamil

KAWANPUAN.COM – Kawan Puan wajib tahu berikut ini adalah 7 manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janin. Yuk langsung saja simak informasinya.

Bagi ibu hamil pasti ada banyak anjuran untuk mengonsumsi makanan penuh gizi. Selain menjaga kesehatan dan perkembangan bayi dalam kandungan, juga untuk merawat kesehatan calon ibu.

Salah satu buah yang bermanfaat untuk bagi kesehatan ibu hamil adalah kelapa muda. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil memiliki banyak khasiat air kelapa.

Pada buah yang keras dan berkulit tebal tersebut hanyalah air yang tersimpan dari balik batok dan serabut kelapa tersebut.

Selain itu, tak hanya segar dan mampu mencegah dehidrasi, kandungan air kelapa untuk ibu hamil juga sangat bermacam-macam.

Air kelapa yang banyak diketahui dapat membantu meringankan sakit perut karena mengandung elektrolit, ternyata juga bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janinnya.

Pasalnya, air kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, serat dan juga kandungan mineral seperti magnesium, kalium, dan juga kalsium.

7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

Dari kandungan gizi di atas air kelapa muda memiliki beragam manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan juga bayi dalam kandungannya.

Berikut ini adalah 7 manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janin yang wajib Kawan Puan ketahui:

1. Manfaat Air Kelapa Mencegah Dehidrasi

Saat hamil sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar para ibu hamil tidak dehidrasi.

Selain minum air putih, air kelapa juga banyak manfaat sebagai salah satu alternatif untuk memenuhi cairan tubuh. Pasalnya mengonsumsi air kelapa dapat mengurangi lemas karena dehidrasi.

2. Manfaat Air Kelapa Mengurangi Mual dan Muntah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya, adalah menjadi obat mual dan muntah. Fakta ini selaras dengan hasil penelitian dari Indian Journal of Public Health Research and Development, air kelapa muda dapat membantu menjaga kadar pH dalam tubuh.

Kandungan pH tersebut membuat air kelapa dapat mengatur keasaman dalam lambung, mengurangi mual, dan meningkatkan metabolisme. Air kelapa juga memiliki manfaat untuk mengganti cairan tubuh ibu hamil yang hilang karena mual dan muntah.

3. Air Kelapa Muda Meningkatkan Perkembangan Janin

Dalam jurnal yang di tulis oleh Advanced Biomedical Research di sebutkan bahwa dalam air kelapa terdapat mineral yang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan preeklampsia.

Namun tentu saja tetap harus di imbangi dengan makanan bergizi dan juga mengonsumsi suplemen kehamilan seperti yang dianjurkan dokter untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan janin.

Selain minum air kelapa, kamu juga bisa menambahkan nutrisi selama hamil dengan mengonsumsi Realfood Wonder Mom yang mengandung sarang burung walet dan asam folat.

Realfood Wonder Mom dapat membantu mengurangi munculnya resiko cacat lahir pada bayi, dan juga menjaga tumbuh kembang janin saat dalam kandungan.

Tak hanya itu, kandungan sarang burung walet di dalamnya juga membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.

4. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa air kelapa memiliki banyak nutrisi dan juga mineral di dalamnya, tak heran jika air kelapa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya di masa pandemi seperti ini.

Pasalnya antioksidan di dalam air kelapa memiliki manfaat untuk melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai macam penyakit.

Air kelapa muda juga tinggi akan asam laurat yang menghasilkan monolaurin yang berperan sebagai antivirus dan antibakteri pada tubuh.

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Selain mengurangi dehidrasi, manfaat air kelapa juga di kenal untuk mencegah infeksi pada saluran kemih (ISK).

Hal ini di karenakan air kelapa dapat membersihkan saluran dan kandung kemih. Tak hanya itu, air kelapa muda juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal lho, Realfoodfam!

6. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Tak heran banyak orang yang memiliki penyakit gula darah mengonsumsi air kelapa.

Namun bukan berarti air kelapa menjadi satu-satunya obat yang di konsumsi untuk mengurangi gula darah atau hipertensi ya, Realfoodfam!

7. Meredakan sembelit

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat menimbulkan efek seperti sembelit, dan gangguan pencernaan.

Mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengurangi sembelit dan masalah pada pencernaan. Hal ini di karenakan air kelapa memiliki banyak kandungan serat yang dapat membantu memperkuat sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk bumil yang dapat di rasakan dengan mengonsumsi air kelapa selama masa kehamilan.

Tentunya tetap pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan tetap di barengi dengan konsultasi dokter yang menangani Anda.