Lembah Anai Meluap dan Rendam Jalan Penghubung di Sumbar

Lembah Anai Meluap

KAWANPUAN.COM – Air terjun Lembah Anai meluap merendam badan jalan. Pemicunya adalah curat hujan cukup tinggi selama beberapa hari ini.

Air terjun Lembah Anai sendiri berada di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Luapan air terjun Lembah Anai membuat jalan penghubung terendam.

Jalan penghubung Kota Padang-Bukittinggi dan sekitarnya tidak bisa di lalui akibat luapan air terjung lembah anai. Ini sesuai dengan video amatir beredar.

Dari video yang beredar, terlihat debit air di objek wisata itu cukup besar dan berwarna coklat. Beberapa pengendara tidak berani melintas di jalan penghubungi ini.

Situasi ini telah berlangsung sejak pukul 17.00 WIB hingga malam. Pihak kepolisian telah mendatangi lokasi untuk berupaya mengurai kemacetan kendaraan.

“Situasi masih hujan dan masih belum bisa di lalui. Debit air naik (ke jalan),” kata Direktur Lalulintas Polda Sumbar Kombes Hilman, kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Hilman mengungkapkan, sekarang ini seluruh personel sudah berada di lokasi. “Saya masih koordinasi dengan Kasat Lantas Padang Panjang,” singkatnya.

Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar, Robert menyebutkan, curah hujan sampai sore ini masih tinggi.

Pihaknya meminta warga untuk tetap waspada. “Sekarang masih tinggi debit air. Untuk di Kabupaten Tanah Datar juga terdapat rumah warga tertimpa pohon tumbang,” ujarnya.

Tentang Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Lokasinya sekira 35 meter ini berada tepat di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang.

Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 Mdpl.

Keberadaan air terjun ini terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami dengan hutan lebat serta pepohonan rimbun.

Di sekitar air terjun pun terdapat monyet yang berkeliaran. Pada saat liburan, air terjun ini di kunjungi oleh ratusan pengunjung. Keindahannya membuat Air Terjun Lembah Anai menjadi ikon pariwisata Provinsi Sumatra Barat.

Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati hutan Gunung Singgalang sebelum sampai di tepi tebing yang curam.

Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah Anai dan membentuk kolam tempat air berkumpul.

Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika di sinari oleh cahaya mentari.

Debit airnya cukup deras dan stabil di musim penghujan namun akan sangat deras saat hujan lebat turun. Tak jarang air terjun ini akan mengalami banjir dan airnya meluap ke jalan raya.