Legenda NBA Bill Russell Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Bill Russell Meninggal Dunia

KAWANPUAN.COM – Kabar duka datang dari Legenda NBA, Bill Russell meninggal dunia pada Minggu, (31/7/2022) waktu setempat.

Legenda NBA, Bill Russell meninggal dunia di usia 88 tahun. Kabar duka tersebut di unggah di media sosial Twitter @RealBillRussell.

“Bill Russell, pemenang terbanyak dalam sejarah olahraga Amerika meninggal dengan tenang hari ini dalam usia 88 tahun di sisi istrinya, Jeannine,” tulis rilis tersebut.

Deretan tokoh dunia ikut berbela sungkawa atas kepergian sang Legenda NBA tersebut. Sosok Bill Russell merupakan atlet basket yang memulai karier pada tahun 1956 di Boston Celtics.

Bill Russell lahir pada 12 Februari 1934 di Louisiana, Amerika Serikat. Dengan tinggi 2,08 meter, Bill Russell terkenal bermain menggunakan kekuatan bertahan.

Melansir dari Wikipedia, Bill Russell pernah menyabet cincin juara NBA sebanyak 11 kali selama 13 tahun berkarier bersama Boston Celtics.

Catatan ini menjadikan Bill Russell sebagai pemain yang tembus di Final NBA terbanyak sepanjang masa.

Bill Russell juga merupakan Hall of Famer yang tercatat lima kali menjadi MVP dan 12 kali masuk dalam tim All-Star NBA.

Kawanpuan melansir dari nba.com, Bill Russell pensiun dengan catatan 21.620 rebound dan rata-rata 22,5 poin per pertandingan.

Nama Bill Russell di abadikan menjadi trofi MVP Final NBA. Dalam unggahan Twitter @RealBillRussell tentang pengumuman kabar duka, keluarga juga menjelaskan bagaimana perjuangan Bill Russell.

Di ketahui, Bill Russell merupakan pelatih kulit hitam pertama dalam tim olahraga profesional Amerika Utara.

Namun, Bill Russell berhasil meraih penghargaan pemain paling berharga atau NBA Finals Most Valuable Player sebanyak dua kali.

Lalu, nama penghargaan di ubah menjadi Bill Russel NBA Finals Most Valuable Player Award. Namun, semua kemenangan tersebut tak luput dari perjuangan Bill dalam pemboikotan tahun 1961.

Bill ikut memperjuangkan keadilan agar tak ada lagi diskriminasi atau rasisme. Russell menjadi contoh pria kulit hitam yang sangat kuat dan rendah hati.

Legenda NBA Bill Russell Meninggal Dunia

“Bill Russell akan selamanya menginspirasi kerja tim, tidak mementingkan diri sendiri dan bijaksana,” tulis rilis tersebut.

Keluarga berharap, meski Bill Russell telah tiada, penggemar dapat selalu mengingat tawa dan prinsip Bill Russell.

“Istri Bill, Jeannine dan rekan serta keluarga besar berterima kasih telah menjaga Bill dalam doa-doa kalian

Mungkin anda akan mengingat satu atau dua momen emas yang dia berikan kepada kita, atau mengingat tawa khasnya saat dia senang menceritakan kisah nyata yang dia lalui selama ini.

Dan kami berharap kita dapat menemukan cara baru untuk bertindak atau berbicara tentang komitmen Bill yang tanpa kompromi terhadap ketidak adilan, bermartabat, dan selalu konstruktif terhadap prinsip.

Itu akan menjadi kemenangan terakhir dan abadi bagi Bill Russell,” tulis rilis yang di unggah di laman Twitter @RealBillRussell.