Kateter Urine, Berikut Jenis dan Efek Sampingnya

Kateter Urin

KAWANPUAN.COM – Berikut kateter urine, jenis dan efek sampingnya terdapat dalam artikel ini. Jadi simaklah secara seksama agar kamu mengetahuinya.

Usai video pasang kateter urin ke pasian pria viral ke media sosial, kini banyak yang mencari tahu tentang Kateter Urin. Lantas apa itu kateter urine?

Kateter urin adalah sebuah alat untuk keperluan media. Fungsi dari kateter urine sendiri berguna ketika seseorang mengalami kesulitan buang air kecil.

Secara garis besarnya, Kateter urin adalah perangkat penting untuk membantu mengosongkan kandung kemih dan mencegah gagal ginjal terhadap pasien.

Kateter umumnya berbentuk tabung kecil fleksibel yang di masukkan ke uretra. Kateter urine umumnya di pasangkan oleh tenaga medis profesional.

Profesional kesehatan akan membantu memilih kateter dan peralatan yang tepat. Kateter urine tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang kateter urin yang belakangan ini sedang viral atas unggahan video seorang perawat di RSUD Wonosari tersebut.

Apa itu Kateter Urine?

Rupanya kateter urine memilik banyak macam mulai dari jenis dan bentuk ukurannya. Berikut hasil lansiran dari berbagai sumber, Jumat 3 Juni 2022.

Hasil lansiran dari WebMD, kateter adalah tabung tipis dan fleksibel yang dapat memasukkan cairan ke dalam tubuh atau mengeluarkannya.

Kateter berguna untuk memasukkan cairan di sebut kateter intraverna. Sementara kateter yang biasa berguna untuk mengeluarkan cairan tubuh sering berupa kateter urine.

Kateter adalah alat kesehatan yang dapat di masukkan ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit atau melakukan prosedur pembedahan.

Kateter dapat dimasukkan ke dalam rongga tubuh, saluran, atau pembuluh darah, otak, kulit atau jaringan adiposa.

Secara fungsional, mereka memungkinkan drainase, pemberian cairan atau gas, akses dengan instrumen bedah, dan juga melakukan berbagai tugas lain tergantung pada jenis kateter.