Kapan Puasa Ramadhan Muhammadiyah? Ini Jawabannya

Kapan Puasa Ramadhan Muhammadiyah

KAWANPUAN.COM – Belakangan ini muncul pertanyaan kapan Puasa Ramadhan Muhammadiyah? Ini jawaban atas pertanyaan kapan Puasa Ramadhan.

Umat Islam di Indonesia akan segera menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Muhammadiyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, telah menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah.

Berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2024, 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Muhammadiyah.

Metode hisab hakiki wujudul hilal merupakan perhitungan astronomis yang didasarkan pada posisi bulan, bumi, dan matahari. Muhammadiyah meyakini bahwa metode ini lebih akurat dalam menentukan awal bulan Hijriah.

Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah. Kemenag akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan setelah melakukan rukyatul hilal di berbagai lokasi di Indonesia.

Sidang isbat biasanya digelar pada akhir bulan Sya’ban. Jika hilal terlihat, maka 1 Ramadhan jatuh pada hari berikutnya. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka 1 Ramadhan jatuh pada hari setelahnya.

Kesimpulan kapan puasa Ramadhan Muhammadiyah adalah 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024.

Umat Islam di Indonesia diharapkan untuk mengikuti perkembangan informasi terkait penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah dari kedua sumber resmi, yaitu Muhammadiyah dan Kemenag.