Kabar Harga Pertalite Naik Berhembus Kencang

Harga Pertalite Naik

KAWANPUAN.COM – Kabar harga Pertalite naik berhembus kencang hingga menjadi kekhawatiran masyarakat Indonesia. Benarkah harga Pertalite naik?

Belakangan ini rumor menyoal harga Pertalite Naik memang sedang berhembus kencang. Pemerintah selalu menekankan harga Pertalite masih di tahan beban APBN.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa tahun ini sektor energi menjadi tantangan. Untuk itu, pemerintah menyiapkan anggaran subsidi dan kompensasi sebesar Rp 502,4 triliun.

Airlangga mengatakan subsidi digelontorkan agar harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya Pertalite dan Pertamax tidak mengalami kenaikan atau bertahan di bawah harga keekonomian.

“Kita lihat harga keekonomian Pertamax Rp 15.150/liter, namun kita masih memberikan harga eceran Rp 12.500/liter. Demikian pula Pertalite keekonomiannya Rp 13.150/liter, ecerannya masih Rp 7.650/liter,” kata Airlangga.

Airlangga lantas membandingkan harga BBM di negara lain dengan Indonesia yang menurutnya masih jauh lebih murah.

“Thailand Rp 19.500/liter, Vietnam Rp 16.645/liter, Filipina Rp 21.352/liter, sehingga kita relatif di bawah dari negara ASEAN lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan pernah mengatakan harga Pertalite seharusnya mencapai Rp 17.100 per liter.

Hal itu di ungkapkan Jokowi dalam Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) yang disiarkan secara virtual pada Jumat, 5 Agustus lalu.

“Coba di negara kita bayangkan, kalau Pertalite naik 7.650 harga sekarang ini kemudian naik menjadi, harga yang bener adalah 17.100, demonya berapa bulan?” kata Jokowi.