Jemblem Singkong, Jajanan Pasar yang Manis dan Gurih

Jemblem Singkong

Kawanpuan.com – Jemblem Singkong, semua pasti sudah tau dengan makanan gorengan berwarna kecoklatan dengan inti di dalamnya gula merah ini.

Jemblem merupakan gorengan berwarna kecoklatan yang terbuat dari singkong. Ia berbentuk bulat sebesar telur ayam dan di dalamnya berisi gula merah.

Jemblem merupakan salah satu kue jajan pasar yang manis dan gurih. Selain itu untuk mendapatkannya cukup banyak di temui di pasar maupun di warung-warung daerah Jawa.

Jemblem di buat dari adonan singkong basah yang di parut atau di giling halus. Lalu di bentuk bundar seperti telur ayam dan di dalamnya di isi gula merah, lalu di goreng dengan minyak yang banyak.

Sekilas Mengenai Jemblem atau Dangglem

Berbicara soal makanan khas daerah, ada salah satu makanan legendaris yang harus cicipi ketika berkunjung ke Blitar, Malang, Tulungagung, Kediri dan daerah lainnya di Jawa Timur.

Makanan legendaris yang di maksud adalah Jemblem Singkong. Jemblem merupakan satu di antara jajanan legendaris khas Nusantara yang sampai sekarang ini masih tetap di cari.

Panamanya pun terbilang unik, pasalnya nama “Jemblem” di artikan sebagai sebuah makanan gorengan berwarna kecokelatan yang terbuat dari singkong dan berbentuk bulat sebesar telur ayam.

Cara Membuat Jemblem Singkong

Bagi Kawan Puan yang ingin mencoba membuat Jemblem, berikut ini hasil rangkuman dari berbagai sumber sebagai referensi membuatnya.

Goreng yang terbuat dari bahan dasar singkong ini sangat mudah di buat. Caranya yang paling utama, siapkan kurang lebih 500 gram singkong yang sudah di parut.

Kemudian siapkan 300 gram kelapa parut, garam dan gula Jawa secukupnya. Setelah bahan-bahan lengkap dan siap, langkah selanjutnya parut singkong basah.

Setelah itu, siapkan kelapa parut dan garam sampai rata ke dalam wadah. Kemudian pipihkan singkong dan isi dengan irisan gula Jawa. Kepal-kepal singkong hingga menyerupai telur ayam.

Panaskan minyak dan goreng adonan Jemblem sampai berwarna kuning kecokelatan. Barulah angkat dan tiriskan. Untuk penyajiannya, kalian bisa taruh di atas piring.

Jangan lupa lengkapi gorengan Jemblem Singkong dengan teman-temannya. Seperti dadar jagung, pisang goreng, ketela goreng dan lainnya.

Sudah Enak, Jemblem Harganya Terjangkau

Jika Kawan Puan malas dan tidak mau ribet untuk membuat makanan gorengan Jemblem jangan khawatir. Karena harganya terjangkau, yakni di banderol dengan harga Rp500 perbutirnya.

Kalian bisa pergi membeli ke warung gorengan yang ada di wilayah Jawa Timur. Dari segi bentuknya menarik, apalagi rasanya pasti sangat enak.

Dalam hal ini berarti kue Jemblem tidak hanya cocok untuk di jadikan camilan sendiri saja, bisa jadi teman lengkap nonto Drakor (Drama Korea), sebagai teman belajar dan ketika santai.

Rasanya yang manis gurih dan bentuknya lonjong berwarna kuning kecokelatan seperti telur ayam, membuat seseorang mencicipinya jadi bikin ketagihan.

Kalau tidak percaya buat dan cobain sendiri ya! Selamat mencoba.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *