Inilah Tema dan Logo Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

Tema Hari Pramuka 2022

KAWANPUAN.COM – Apa tema Hari Pramuka ke-61 tahun 2022? Tema Hari Pramuka tahun ini adalah Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

Kapan Hari Pramuka? Peringatan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, Hari Pramuka jatuh pada Minggu, 14 Agustus 2022. Berikut ini informasinya.

Melalui artikel ini, Kawan Puan akan mengetahui makna, tema dan logo peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022. Yuk langsung saja simak informasi selengkapnya.

Penting bagi kita untuk mengetahui Tema dan makna logo Pramuka terbaru 2022.

Berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 tentang Tema dan Logo Pramuka ke-61 Tahun 2022.

Tema tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Makna dan arti logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 yaitu:

Angka 6 dan 1 merupakan Ulang Tahun yang ke-61. Angka 6 hasil dari Kelopak Tunas Kelapa serta angka 1 yang menopang logogram Tunas Kelapa dengan tegak berkesan kokoh.

Secara keseluruhan logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 adalah dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital.

Pengertian Hari Pramuka 14 Agustus

Hari Pramuka ialah hari yang di peringati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia. Hari Pramuka di peringati setiap tanggal 14 Agustus.

Puncak Hari Pramuka di tetapkan pada tanggal 14 Agustus itu berdasarkan pada sejarah lahirnya gerakan kepramukaan di Indonesia.

Hari Pramuka atau Hari Pramuka Nasional ialah hari yang diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia itu berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak 1923. Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Sejarah Hari Pramuka di Indonesia

Mengutip dari laman Kemdikbud yang disadur detikJabar, Minggu (14/8/2022), berikut sejarah singkat lahirnya Hari Pramuka di Indonesia.

Pada 1923, gerakan kepanduan nasional mulanya ditandai dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung serta Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia.

Kemudian pada 1936, kedua gerakan itu melebur menjadi satu menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO).

Gerakan kepanduan nasional mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sampai pada akhirnya setelah masa kemerdekaan gerakan kepramukaan di Indonesia mulai diresmikan.

Pada 14 Agustus 1961 dilaksanakan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang di ketuai Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh.

Hal itu untuk meresmikan Gerakan Pramuka di Indonesia sekaligus di perkenalkan pula istilah Pramuka untuk pertama kalinya oleh Sultan Hamengkubuwono IX.

Peristiwa itu merupakan peristiwa sejarah lahirnya Hari Pramuka di Indonesia dan dikenal dengan nama Hari Pramuka atau Hari Pramuka Nasional. Kini setiap 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional.

Demikian informasi seputar Hari Pramuka. Jadi, kapan Hari Pramuka diperingati? Setiap tanggal 14 Agustus dan makan tema juga logo terbaru 2022. Semoga bermanfaat.