Inilah Organ Reproduksi Wanita dan Fungsi

KAWANPUAN.COM – Inilah organ reproduksi wanita dan fungsi yang berhasil Kawan Puan siapkan dari rangkum berbagai sumber kompeten.

Organ reproduksi merupakan salah satu komponen sistem tubuh yang penting meskipun tidak berperan dalam homeostasis dan esensial bagi kehidupan seseorang.

Pada manusia, reproduksi berlangsung secara seksual. Organ reproduksi yang di miliki manusia berbeda antara pria dan wanita.

Baik pria maupun wanita memiliki organ reproduksi yang terdiri dari dua bagian berdasarkan letaknya, yaitu alat kelamin luar dan dalam.

Organ reproduksi wanita berada di bagian tubuh seorang wanita yang di sebut panggul. Secara anatomi nilai reproduksi wanita di bagi menjadi dua bagian.

Yaitu bagian yang terlihat dari luar (genitalia ekstema) dan bagian yang berada di dalam panggul (genitalia interna).

Alat reproduksi wanita memainkan peran penting dalam proses reproduksi, yang meliputi siklus menstruasi, konsepsi, kehamilan, dan persalinan.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai organ reprodukasi wanita dan fungsi, lengkap dengan bagiannya yang penting untuk Kawan Puan ketahui.

Fungsi Organ Repoduksi Wanita

Organ reproduksi wanita terdiri atas organ internal meliputi ovarium yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur (ovum), saluran uterin (fallopian) yang berfungsi mengangkut sel telur ke bagian uterus, rahim (uterus), vagina, dan organ eksternal meliputi vulva atau pudendum dan kelenjar payudara.

Fungsi utama dari organ reproduksi wanita adalah memproduksi sel telur untuk pembuahan. Selain itu, organ-organ ini juga berfungsi sebagai tempat perkembangan janin.

Alat Reproduksi Bagian Luar

Labia mayora (bibir besar), yaitu struktur terbesar alat kelamin luar perempuan yang tebal dan berlapiskan lemak. Labia mayora ini mengelilingi organ pada alat kelamin luar lainnya dan berakhir menjadi mons pubis.

Kemudian Labia minora (bibir kecil) ialah lipatan kulit yang halus dan tidak memiliki lapisan lemak. Mons veneris adalah tonjolan lemak yang besar sebagai pertemuan antara sepasang labia mayora.

Klitoris, di sebut juga kelentit. Klitoris berupa tonjolan kecil dan memanjang serta homolog dengan penis pada pria. Sebagian besar tersembunyi di antara kedua labia minora.

Orificium urethrae adalah muara dari saluran kencing yang terletak di bawah klitoris. Himen sering di sebut sebagai selaput dara.

Kelenjar reproduksi. Sama halnya seperti pria, wanita juga memiliki beberapa kelenjar reproduksi, di antaranya adalah kelenjar vestibulari mayor dan minor serta parauretralis.