Inilah Berat Badan Ideal Perempuan Umur 13 Tahun

Berat Badan Ideal Perempuan

KAWANPUAN.COM – Artikel ini membahas seputar informasi tentang Berat Badan Ideal Perempuan Umur 13 tahun. Pasalnya, belakangan ini banyak yang bertanya.

Berat Badan Ideal Perempuan Umur 13 Tahun terdapat dalam artikel ini sebagaimana yang berhasil Kawan Puan rangkum dari berbagai sumber kompeten.

Orangtua kadang khawatir mengenai pertumbuhan anak-anaknya, apakah anaknya sudah tumbuh dengan baik atau belum.

Salah satu faktor yang di ukur adalah berat badan, karena itu ketahui berapa berat badan rata-rata anak sesuai usianya.

Untuk mengetahui apakah seorang anak sudah tumbuh dengan baik atau belum adalah dengan mengukur berat badan, tinggi badan dan juga lingkar kepalanya. Semua faktor ini biasanya di hubungkan dengan grafik pertumbuhan.

Tapi saat ini masih banyak orangtua yang selalu merasa anaknya kurus, padahal jika di lihat dalam grafik pertumbuhannya sebenarnya anak tidak kurus.

Dengan kata lain, bisa jadi tubuh seorang gadis berat karena memiliki lebih banyak otot daripada lemak. Dan hal ini merupakan berat badan yang lebih sehat daripada kelebihan lemak dan kurang otot.

Grafik pertumbuhan tersebut memberikan panduan pada orangtua mengenai berat badan yang ideal untuk anak-anak sesuai dengan usianya.

Berapa Berat Badan Ideal Perempuan Umur 13 Tahun?

Di kutip dari Kidshealth, grafik pertumbuhan adalah salah satu standar dari setiap pemeriksaan, serta untuk melihat atau memantau bagaimana pola tinggi dan berat badan anak dari waktu ke waktu.

Misalnya seorang anak tumbuh dengan baik hingga ia usia 2 tahun, lalu tiba-tiba pertumbuhannya melambat.

Hal ini bisa di ketahui melalui grafik pertumbuhan dan kemungkinan mengindikasikan masalah kesehatan.

Beberapa faktor juga di ketahui turut mempengaruhi berat dan tinggi badan seorang anak, seperti genetik, usia, jenis kelamin, nutrisi, aktivitas fisik yang di lakukan anak, kesehatan, lingkungan dan hormon.

Namun satu hal yang pasti tidak ada dua anak yang tumbuh pada tingkat yang sama, karena setiap anak memiliki karakteristik sendiri-sendiri.

Selain itu pada tahap remaja terkadang bisa saja berat badan anak turun atau justru meningkat dengan cepat.

Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah yang penting, karena jumlahnya semakin meningkat.

Karena itu penting bagi orangtua untuk selalu memantau berat dan juga tinggi badan anak. Serta usahakan agar berat badan anak masih termasuk ke dalam range normal.

Daftar rata-rata berat badan ideal untuk gadis remaja usia 13 tahun berkisar 34-60 kg, usia 14 tahun sekitar 37-65 kg, dan usia 15 tahun sekitar 40-68 kg.

Body mass index seringkali juga jadi ukuran menentukan berat badan ideal. Dan Anda juga bisa menggunakan rumus BMI ini untuk menentukan apakah berat badan anak gadis Anda ideal atau tidak.

Untuk menghitung berat badan ideal gadis remaja, bisa dengan cara tinggi badan di kurangi 100, kemudian hasilnya di kalikan 90%.

Namun tidak perlu khawatir juga jika berat badan tidak sesuai perhitungan BMI karena hitungan rumus ini bisa merupakan angka relatif.

Tergantung dari seberapa banyak masa otot dan lemak yang di miliki setiap remaja perempuan, karena massa otot lebih berat dari lemak.