Inilah Arti dari Yaumul Mizan Dalam Agama Islam

Arti dari Yaumul Mizan

KAWANPUAN.COM – Inilah arti dari Yaumul Mizan dalam agama Islam yang wajib kaum muslimin dan muslimah ketahui sebagai pegangan menjalankan perintah Allah SWT.

Dalam agama Islam, kehidupan manusia di dunia ini hanyalah sementara. Semua manusia nantinya akan kembali pada Allah SWT di akhirat.

Semua perbuatan manusia di dunia akan mendapatkan pertanggungjawaban di akhirat kelak. Sehingga dalam Islam ada yang namanya penimbangan amal saat hidup di dunia.

Seperti Yaumul Mizan yang menjadi penimbangan amal ibadah setiap manusia yang melakukan perbuatan semasa hidupnya di atas dunia.

Malalui artikel inilah kalian akan mengetahui Yaumul Mizan yang menjadi proses manusia untuk menuju surga atau neraka. Dalam proses ini manusia akan di kumpulkan menjadi satu.

Oleh karena itu, perlu bagi umat muslim di dunia ini mengetahui arti dari Yaumul Mizan. Berikut ini penjelasan tentang arti dari Yaumul Mizan dalam agama Islam.

Apa Itu Yaumul Mizan?

Yaumul Mizan adalah hari penimbangan amal manusia. Bila memiliki amal baik yang banyak maka akan masuk surga. Begitu juga, jika manusia memiliki amak buruk maka akan masuk neraka.

Yaumul Mizan menjadi salah satu hal yang harus kita ketahui. Karena semua yang akan kita perbuat akan kita pertanggungjawabkan sendiri ketika di akhirat kelak.

Istilah tersebut, juga termasuk dalam salah satu nama hari kiamat. Sedangkan iman kepada hari kiamat itu termasuk dalam rukun iman yang ke-5 bagi umat Islam.

Sebagai umat Islam, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengimani hari kiamat. Kedatangan hari kiamat itu juga sudah pasti. Bahkan kejelasannya juga terdapat dalam Al-Quran.

Tidak akan ada yang tahu kapan datangnya hari kiamat tersebut. Karena semua sudah menjadi ketentuan bagi Allah SWT. Hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Perlu Anda ketahui, Mizan itu mempunyai arti timbangan. Sedangkan Hisab, adalah perhitungan. Untuk dua istilah tersebut, mempunyai makna yang hampir sama.

Banyak juga yang menyebutkan bahwa pengertian Yaumul Mizan itu adalah Yaumul Hisab. Merupakan hari di mana akan diperhitungkannya semua amal perbuatan manusia.

Entah itu amal baik maupun amal buruk. Untuk menambah wawasan kita tentang ilmu agama Islam, penting sekali kita mengetahui apa itu Yaumul Mizan.

Mungkin kebanyakan orang itu hanya paham, kelak akan datang hari kiamat. Tidak tahu jika ada Yaumul Hisab, Yaumul Jaza, Yaumul Mizan dan yang lainnya.

Bagi Anda, yang masih belum mengetahuinya, simak penjelasannya berikut ini. Mizan atau timbangan merupakan alat untuk mengukur sesuatu yang berdasarkan pada berat dan ringan.

Akan tetapi Mizan di hari akhirat kelak adalah, sesuatu yang Allah letakkan pada hari kiamat. Fungsinya adalah untuk menimbang amalan daripada hamba-Nya.