Ini Cara Menghilangkan Tato Permanen Secara Medis

Menghilangkan Tato Permanen

KAWANPUAN.COM – Sudah tahu bagaimana cara menghilangkan tato permanen secara medis? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penting untuk diingat bahwa menghilangkan tato permanen secara medis adalah proses yang kompleks dan bisa menyebabkan efek samping.

Sebelum mencoba metode apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit atau spesialis yang berpengalaman dalam penghilangan tato.

Berikut adalah beberapa metode medis yang umum digunakan untuk menghilangkan tato permanen:

Laser Q-Switched

Metode ini adalah salah satu cara paling umum dan efektif untuk menghilangkan tato permanen. Laser Q-switched menghasilkan denyutan cahaya singkat yang ditargetkan pada pigmen tato, memecahnya menjadi partikel yang lebih kecil sehingga dapat diserap oleh sistem kekebalan tubuh. Beberapa sesi mungkin diperlukan untuk menghilangkan tato sepenuhnya, dan warna tato serta ukuran tato dapat mempengaruhi proses penghilangan.

Laser Picosecond

Laser picosecond adalah pengembangan lebih lanjut dari laser Q-switched yang menggunakan denyutan cahaya yang lebih singkat dan intens. Ini dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat dalam menghilangkan tato dengan risiko efek samping yang lebih rendah.

Dermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur penghilangan tato yang melibatkan pengamplasan lapisan atas kulit dengan alat khusus. Ini bisa cukup invasif dan bisa meninggalkan bekas luka atau perubahan warna kulit. Juga, beberapa sesi mungkin diperlukan untuk hasil maksimal.

Pencukuran Kulit (Excision)

Metode ini umumnya digunakan untuk menghilangkan tato kecil. Dokter bedah akan mengangkat tato dan menutupinya dengan jahitan atau menggantinya dengan kulit dari area lain tubuh. Prosedur ini mungkin meninggalkan bekas luka.

Penghilangan Tato dengan Bahan Kimia

Penghilangan tato dengan bahan kimia melibatkan aplikasi bahan kimia ke tato untuk menghancurkan pigmen. Ini tidak selalu efektif dan dapat menyebabkan iritasi kulit atau bahkan luka bakar jika tidak dilakukan dengan benar.

Setiap metode penghilangan tato medis memiliki risiko dan keuntungan tertentu. Jika Anda berencana untuk menghilangkan tato permanen secara medis, selalu berkonsultasilah dengan dokter atau ahli yang berpengalaman dan terlatih untuk memilih metode terbaik berdasarkan tipe kulit, ukuran tato, dan faktor-faktor kesehatan lainnya.