Hari Kesetaraan Perempuan 2023: Tema dan Cara Merayakan

Hari Kesetaraan Perempuan 2023

KAWANPUAN.COM – Inilah informasi tentang Hari Kesetaraan Perempuan atau Women’s Equality Day yang diperingati setiap tanggal 26 Agustus setiap tahunnya.

Hari Kesetaraan Perempuan pertama kali dirayakan pada tanggal 26 Agustus 1971. Hari ini diciptakan untuk memperingati berlakunya hak pilih perempuan di Amerika Serikat (AS).

Selain itu, juga untuk mengenang perjuangan para perempuan dalam mengatasi kekerasan dan diskriminasi untuk mendorong gerakan perempuan maju.

Pada tahun 1920 juga menjadi momentum pengesahan Amandemen Konstitusi ke-19 di Amerika Serikat. Pengesahan ini diratifikasi untuk mendukung kesetaraan bagi semua orang tanpa memandang gender.

Perjuangan untuk mendapatkan kesetaraan ini berawal dari gerakan para perempuan dalam memperoleh hak pilih yang di pelopori oleh aktivis Elizabeth Candy Stanton dan Lucretia Mott di Seneca Falls, New York, tahun 1848.

Namun gerakan ini tidak membuahkan hasil. Barulah dua tahun berikutnya, setelah keterlibatan perempuan dalam Perang Dunia I di tahun 1914-1918, menjadi awal pemberian hak pilih terhadap perempuan.

Di Indonesia, perjuangan ini dipelopori oleh Raden Ajeng Kartini sejak tahun 1908. Kartini adalah seorang perempuan yang memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk hak untuk mendapatkan pendidikan.

Meskipun telah banyak kemajuan yang dicapai, kesetaraan gender masih belum sepenuhnya terwujud.

Perempuan masih dihadapkan pada berbagai bentuk diskriminasi, seperti ketimpangan upah, kekerasan terhadap perempuan, dan keterwakilan perempuan di posisi-posisi penting.

Tema Hari Kesetaraan Perempuan 2023

Pada tanggal 26 Agustus 2023, dunia memperingati Hari Kesetaraan Perempuan. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Merangkul Kesetaraan”. Tema ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya kesetaraan gender.

Kesetaraan gender merupakan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang disepakati oleh seluruh negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Merangkul kesetaraan berarti wanita dan laki-laki memiliki hak, kesempatan, dan tanggung jawab yang sama dalam semua aspek kehidupan, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya.

Di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan kesetaraan gender. Upaya-upaya tersebut antara lain melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak pada wanita, program-program pemberdayaan wanita, dan kampanye-kampanye peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesetaraan gender.

Upaya-upaya tersebut telah membuahkan hasil, seperti peningkatan partisipasi perempuan dalam pendidikan dan pekerjaan, serta penurunan tingkat kekerasan terhadap perempuan.

Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia secara penuh.

Pada Hari Kesetaraan Perempuan 2023, mari kita bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan merangkul kesetaraan. Kesetaraan adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan berkelanjutan.

Cara Merayakan Hari Kesetaraan Perempuan

Hari Kesetaraan Perempuan adalah momentum untuk terus memperjuangkan kesetaraan gender. Kita dapat merayakan hari ini dengan cara-cara berikut:

  • Mempelajari tentang sejarah perjuangan perempuan.
  • Mendukung organisasi-organisasi yang memperjuangkan kesetaraan gender.
  • Mengkampanyekan kesetaraan gender di lingkungan kita.
  • Bersikap adil dan tidak diskriminatif terhadap perempuan.

Kesetaraan gender adalah hak asasi manusia yang harus diperjuangkan oleh semua orang. Mari kita bersama-sama mewujudkan kesetaraan gender untuk semua!

Mewujudkan Kesetaraan Perempuan

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan kesetaraan gender:

  • Mempromosikan pendidikan bagi perempuan dan anak perempuan.
  • Memberdayakan perempuan secara ekonomi.
  • Memberantas kekerasan terhadap perempuan.
  • Mempromosikan kesetaraan gender dalam politik dan pengambilan keputusan.
  • Mengubah stereotip gender.
  • Dengan bekerja sama, kita dapat mewujudkan dunia yang lebih adil dan setara bagi semua orang, termasuk perempuan.

Selamat Hari Kesetaraan Perempuan!