Hari Dharma Wanita Nasional, Momen Peringatan 5 Agustus

Hari Dharma Wanita Nasional

KAWANPUAN.COMHari Dharma Wanita Nasional adalah momen peringatan yang jatuh setiap tanggal 5 Agustus. Berikut ini informasi Hari Dharma Wanita Nasional.

Penggagas peringatan Hari Dharma Wanita Nasional adalah Ibu Tien Soeharto. Hari Dharma Wanita lahir dan terbentuk sejak 5 Agustus 1974 pada masa Pemerintahan Orde Baru.

Menurut website resmi Dharma Wanita Persatuan, organisasi ini berdiri dengan Ketua Dewan Pembina KORPRI saat itu, Amir Machmud.

Organisasi Dharma Wanita tersebut di prakarsai oleh Ibu Tien Soeharto, sebagai ibu negara. Anggota Dharma Wanita saat itu adalah para istri Pegawai Republik Indonesia, Anggota ABRI dan pegawai BUMN.

Apa Itu Hari Dharma Wanita?

Hari Dharma Wanita Nasional ini merupakan salah satu hari penting yang akan di peringati setiap tanggal 5 Agustus.

Dharma Wanita ternyata adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri dari para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sejarah Peringatan Hari Dharma Wanita Nasional

Mengutip dari website dharmawanitapersatuan.id, Dharma Wanita melakukan perombakan dari yang paling dasar untuk menghilangkan muatan politik dari pemerintah.

Pada era reformasi tahun 1998, organisasi wanita ini tujuannya murni untuk sosial kemasyarakatan. Khususnya yang bersifat netral dari politik, independen dan demokrasi.

Kemudian, nama Dharma Wanita juga turut di rubah dengan menambahkan kata ‘persatuan’, sehingga menjadi Dharma Wanita Persatuan.

Nama Dharma Wanita Persatuan di sesuaikan dengan nama Kabinet Persatuan Nasional di bawah kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid.

Tak sekadar perubahan nama, Dharma Wanita Persatuan juga menjadi organisasi yang mandiri dan Demokrasi.

Selain itu, seluruh rancangan Anggaran Dasar di sahkan dan menetapkan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan terpilih, Ny. Dr. Nila F. Moeloek.

Pengesahan dan ketetapan tersebut di lakukan pada Munas Luar Biasa (Munaslub) Dharma Wanita tanggal 6-7 Desember 1999.