Gus Samsudin Jadi Tersangka Kasus Video Viral Tukar Pasangan

Video Viral Tukar Pasangan Gus Samsudin

KAWANPUAN.COM – Polda Jawa Timur tetapkan Gus Samsudin jadi tersangka dalam kasus video viral tukar pasangan yang beredar di media sosial.

Samsudin Jadab, atau dikenal sebagai Gus Samsudin, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus video viral yang mempromosikan ajaran sesat tentang pertukaran pasangan.

Penetapan tersangka ini dilakukan oleh Polda Jawa Timur (Jatim) pada 1 Maret 2024.

Sebelumnya, video yang diunggah Gus Samsudin menjelaskan ajaran tentang pertukaran pasangan suami istri beredar luas di media sosial dan menuai kecaman dari berbagai pihak.

Dalam kasus video tersebut, Gus Samsudin menyatakan bahwa video viral tukar pasangan tersebut hanya sebatas konten dan tidak ada niatan untuk menyesatkan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, Gus Samsudin dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 dan 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dirmanto menjelaskan, pasal tersebut mengatur tentang penyebaran informasi yang meresahkan dan membuat keonaran di masyarakat. “Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun penjara,” kata Dirmanto.

Gus Samsudin saat ini telah ditahan di Polda Jatim. Dirmanto mengatakan, penyidik masih terus mendalami kasus ini dan tidak menutup kemungkinan akan adanya tersangka lain.

Kasus video viral Gus Samsudin ini telah menarik perhatian publik dan memicu perdebatan tentang aliran sesat dan penyalahgunaan agama.

Penetapan Gus Samsudin sebagai tersangka diharapkan dapat memberikan efek jera dan mencegah munculnya ajaran-ajaran sesat lainnya di masyarakat.