Gejala Usus Buntu Remaja yang Wajib Kawan Puan Ketahui

Gejala Usus Buntu Remaja

Kawanpuan.com – Gejala usus buntu menyerang usia remaja ada banyak ragam. Mulai dari nyeri di perut bagian kanan bawah, nafsu makan berkurang, hingga sembelit atau diare.

Munculnya gejala usus buntu ini tidak boleh di biarkan begitu saja. Karena usus buntu yang terlambat di tangani bisa menimbulkan komplikasi serius.

Penyakit usus buntu adalah penyakit yang terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan. Kondisi ini dapat terjadi pada usia berapa pun, mulai dari anak, remaja hingga orang dewasa.

Beberapa riset menyebutkan bahwa usus buntu lebih umum terjadi pada kelompok usia remaja sekitar umur mulai dari 10 sampai 20 tahun.

Gejala usus buntu remaja ini bisa muncul ketika usus tersumbat kotoran, benda asing, atau infeksi. Berikut ini berbagai gejala usus buntu usia remaja yang berhasil Kawanpuan.com rangkum:

Berbagai Gejala Usus Buntu Remaja

Awalnya, gejala usus buntu pada remaja dapat dikenali dari munculnya rasa nyeri perut, khususnya di sekitar pusar, secara tiba-tiba. Gejala ini bisa hilang seketika, kemudian muncul lagi dalam beberapa menit.

Ada beberapa tanda lain yang perlu di curigai sebagai gejala usus buntu yang menyerang usia remaja.

1. Sakit Perut Bagian Kanan Bawah

Nyeri perut bagian kanan bawah merupakan gejala khas dari penyakit usus buntu. Rasa nyeri ini bisa muncul dalam waktu sekitar beberapa jam setelah munculnya nyeri perut di sekitar pusar.

Rasa sakit yang dialami biasanya akan semakin parah saat pasien bergerak, bersin, batuk, menarik napas dalam-dalam, atau menekan perutnya.

2. Nafsu Makan Berkurang

Anak-anak dan remaja yang terkena penyakit usus buntu juga bisa mengalami penurunan nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali.

Gejala ini biasanya muncul setelah keluhan nyeri perut bagian kanan bawah. Penurunan nafsu makan bisa berisiko menyebabkan anak-anak atau remaja mengalami dehidrasi.

3. Mual dan Muntah

Tidak hanya nyeri perut dan penurunan nafsu makan, remaja yang mengalami usus buntu sering kali merasakan mual dan muntah.

Timbulnya gejala ini menandakan adanya obstruksi usus akibat peradangan di usus buntu. Terkadang, usus buntu juga bisa menyebabkan perut kembung.

Kawanpuan.com merupakan media online tempat berbagi inspirasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *