Gambar Organ Reproduksi Wanita

Gambar Organ Reproduksi Wanita

KAWANPUAN.COM – Gambar organ reproduksi wanita terdapat dalam artikel ini. Karena banyak sekali yang mencari gambar reproduksi wanita.

Berikut ini kumpulan gambar organ reproduksi wanita yang belakangan ini cukup banyak sekali mencarinya. Berikut informasi lengkapnya.

Sistem atau alat reproduksi wanita menjadi organ penting dan harus terjaga kesehatannya. Alat reproduksi wanita tidak hanya sebatas vagina atau rahim saja.

Apa saja organ atau alat reproduksi wanita? Berikut penjelasan lengkap mengenai alat atau organ reproduksi wanita.

Mengutip dari laman Cleveland Clinic, pada dasarnya sistem reproduksi wanita terbagi menjadi dua, yaitu bagian luar dan dalam. Berikut adalah penjelasannya.

Gambar Organ Reproduksi Wanita Bagian Luar

Fungsi dari alat atau organ reproduksi wanita bagian luar (alat kelamin) adalah sebagai jalur masuk sperma serta melindungi alat reproduksi bagian dalam dari infeksi.

Gambar Organ Reproduksi Wanita Bagian Luar

Berikut adalah gambar reproduksi wanita di bagian luar.

1. Labia majora
Anda juga bisa menyebut salah satu organ reproduksi wanita ini sebagai bibir besar karena fungsinya melindungi organ luar lainnya.

Pada masa puber, area kulit di labia majora akan tumbuh bulu atau rambut yang juga mengandung kelenjar penghasil minyak.

2. Labia minora
Labia minora atau bibir kecil merupakan alat reproduksi wanita yang mempunyai berbagai ukuran.

Letaknya tepat di dalam labia majora, mengelilingi bukaan ke vagina dan uretra (saluran pembawa urine). Kulitnya sangat halus, mudah teriritasi, dan bengkak.

3. Kelenjar Bartholin
Kelenjar ini berada di setiap sisi sebelah lubang vagina dan bisa mengeluarkan sekresi cairan (lendir) untuk melumasi area miss V.

4. Klitoris
Organ reproduksi wanita yang satu ini merupakan tonjolan kecil dan sensitif. Klitoris ditutupi oleh lipatan kulit disebut sebagai preputium, mirip dengan kulup di ujung penis.

Perlu diketahui pula bahwa klitoris sensitif terhadap rangsangan dan menjadi area ereksi. Oleh karena itu, klitoris kerap menjadi salah satu titik rangsang wanita saat berhubungan intim.