Niat Doa Mandi Junub Perempuan Sesuai Ajaran Islam

Doa Mandi Junub Perempuan

KAWANPUAN.COM – Apakah Kawan Puan sedang mencari informasi tentang Niat Mandi Junub Perempuan atau Doa Mandi Junub Perempuan? Berikut informasinya.

Artikel ini akan membahas tata cara dan bacaan niat mandi junub dan doa mandi junub perempuan yang selama ini Kawan Puan cari.

Bersuci menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan seorang muslim. Bersuci atau thaharah bahkan menjadi syarat yang harus di penuhi ketika hendak menjalankan kegiatan ibadah.

Salah satu bentuk thaharah oleh umat muslim adalah mandi besar. Mandi junub adalah mandi besar atau mandi wajib menuangkan air ke seluruh badan.

Ini merupakan rangkaian tata cara tertentu untuk menghilangkan hadats besar. Hal itu adalah pengertian dalam syariat Islam. Arti al-gusl secara etimologi adalah menuangkan air pada sesuatu.

Melansir dari NU Online, tujuan dari mandi besar untuk menghilangkan hadas besar setelah bersetubuh atau keluar mani. Mandi besar atau mandi wajib setelah terkena hadas besar hukumnya wajib.

Karena jika seorang muslim tidak melakukan mandi besar, maka dapat menghalangi dirinya melakukan beberapa ibadah seperti salat, membaca Alquran hingga tawaf.

Mandi besar atau mandi wajib pun kerap di sebut juga dengan mandi junub. Mandi besar tak hanya untuk laki-laki saja, perempuan pun juga perlu melakukannya ketika mengalami kondisi tertentu.

Nah berikut tata cara dan niat mandi junub untuk pria dan perempuan:

Niat Doa Mandi Junub Pria dan Perempuan

Bismillahirahmanirahmim nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta’ala.”

Jika hadas besar pada perempuan di sebabkan oleh keluarnya darah dari organ intim setelah melahirkan atau nifas, maka doa niat mandi junub yang harus di baca adalah sebagai berikut:

“BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala.”