Daftar NPWP Online 2022 Pribadi, Caranya Mudah Banget

Daftar NPWP Online 2022

KAWANPUAN.COM – Kawan Puan sudah punya NPWP apa belum? Jika belum, yuk daftar NPWP Online 2022 Pribadi. Cara dan syarat daftar terdapat dalam artikel ini.

NPWP adalah kepanjangan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Belakangan ini banyak masyarakat yang masih kurang paham dengan cara daftar NPWP online 2022 pribadi.

Melalui artikel ini, kami berhasil merangkum dari berbagai sumber yang kompeten terkait cara mendaftar hingga syarat apa saja untuk mendaftarkan NPWP.

NPWP baik perorangan maupun badan menjadi merupakan komponen penting bagi warga negara. Banyak layanan publik terhubung dengan NPWP.

Misalnya untuk mengurus perizinan, atau bahkan mengakses kredit perbankan. Pemilik NPWP juga harus menjalankan kewajiban perpajakannya.

Apalagi, saat ini pemerintah telah menjalankan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP).

Kalau pemilik NPWP tidak menjalankan kewajiban perpajakan, maka yang bersangkutan tidak bisa mengurus perizinan di hampir semua kabupaten/kota di Indonesia.

Cara Daftar Membuat Akun DJP Online

Seperti urusan perpajakan online lainnya, kamu bisa menggunakan website pajak.go.id untuk mendaftar NPWP secara online.

Sebelum mendaftarakan NPWP, kamu harus memiliki akun DJP online terlebih dahulu. Untuk proses pendaftarannya bisa kamu simak di bawah ini.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk link daftar NPWP online 2022 melalui situs resmi https://ereg.pajak.go.id/daftar.

Masukan alamat email aktif yang biasa kamu gunakan. Nantinya, email ini akan menjadi email untuk mengisis formulir pendaftaran NPWP.

Penerimaan email dari pihak pajak.go.id, hingga email untuk login ke aplikasi DJP. Salin Captcha yang terdapat pada gambar sebelah kiri di kolom yang tersedia.

Sebagai contohnya pada gambar di bawah, captcha yang digunakan adalah HRfZ4. Klik tombol “Daftar”. Kemudian cek email yang tadi kamu gunakan untuk mendaftar.

Di dalam email kamu akan ada pesan masuk dari eregistration@pajak.go.id. Setelah itu kamu klik untuk verifikasi data bahwa kamu sudah terhubung dengan DJP.

Lengkapi data-data yang di minta mulai dari Jenis WP, Nama, Alamat Email, Nomor HP, password, dan lainnya. Setelah kamu lengkapi baru klik tombol “Daftar”.

Akan ada email baru yang masuk dari eregistration@pajak.go.id untuk mengaktivasi akun kamu, lanjutkan dengan mengklik tautan yang di kirim tersebut.

Setelah berhasil melakukan verifikasi, maka kamu sudah memiliki akun resmi yang terbuhubung langsung dengan DJP online. Dan berlanjut untuk daftarkan NPWP.

Cara Daftar NPWP Online 2022 Pribadi

1. Pada laman https://ereg.pajak.go.id/login, masukan alamat email dan password yang telah kamu buat sebelumnya.

2. Pilih menu “Permohonan” > “Pendaftaran NPWP”

3. Lengkapi data-data yang di minta pada formulir registrasi mulai dari “Kategori”, “Identitas”, “Penghasilan”, “Alamat Domisili” hingga langkah nomor 10.

4. Selanjutnya, klik “Simpan”.

5. Nantinya di halaman “Dashboard”, akan muncul file permohonan NPWP kamu dengan status “Lengkap”.

6. Klik tombol “Minta Token”.

7. Lengkapi Captcha.

8. Cek email kamu dan cari email yang berasal dari eregistation@pajak.go.id.

9. Kembali ke dashboard aplikasi DJP Online, klik tombol “Kirim Permohonan”.

10. Centang kotak pada ketentuan yang diberikan.

11. Salin token yang kamu terima di email ke kolom “Isi Token”. Klik “Kirim”.

12. Selamat, NPWP Kamu telah jadi!

13. Ketika kamu kembali ke dashboard utama status NPWP kamu akan berubah dari “Lengkap” ke “Verifikasi”.

14. Nantinya, akan ada email dari eregistation@pajak.go.id yang telah terlampir NPWP digital sekaligus nomor NPWP kamu.

15. Biasanya kartu NPWP akan di kirimkan ke alamat rumah kamu. Namun apabila dalam waktu sebulan hingga dua bulan fisik kartu NPWP belum kamu terima maka hubungi KPP terdekat.

Itulah informasi singkat yang bisa kami berikan seputar cara daftar NPWP online 2022 pribadi. Terima kasih sudah mengunjungi kami. Semoga bermanfaat.