Inilah Daftar Mobil Dilarang Beli Pertalite Mulai September 2022

Daftar Mobil Dilarang Beli Pertalite

KAWANPUAN.COM – Inilah daftar mobil yang dilarang beli bahan bakar minyak jenis Pertalite di SPBU pada September 2022 mendatang.

Pasalnya, Pertamina Patra Niaga memberlakukan aturan baru bahwa penjualan BBM Pertalite akan terbatas bakal di mulai September 2022 mendatang.

Adapun mobil yang boleh beli dan tidak boleh beli bahan bakar Pertalite bisa kamu temukan melalui artikel berikut ini.

Mobil-mobil di atas 1.500 cc bakal dilarang untuk mengisi bensin RON 90 tersebut. Pembatasan Pertalite sejalan dengan rampungnya revisi Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 191 Tahun 2014 dan proses sosialisasi.

Hal itu di ungkapkan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman. “Kita harapkan September sudah berjalan,” kata Saleh, Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut Saleh mengatakan kendaraan yang dilarang membeli BBM RON 90 itu yakni mobil di atas 1.500 cc dan motor di atas 250 cc.

“Belum (ada perubahan), masih seperti yang sebelumnya di atas 1.500 tidak boleh dan motor di atas 250 cc,” katanya.

Mobil berkapasitas di atas 1.500 cc beragam modelnya. Misalnya Toyota yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin dari mulai model pikap seperti Toyota Hilux 2.0, Alphard, Kijang Innova Vellfire, Fortuner. Camry, hingga Toyota Supra.

Sedangkan Mitsubishi sekarang mobil penumpang di atas 1.500 cc di dominasi menggunakan mesin berbahan bakar diesel.

Adapun penjualan model lawas Pajero Sport V6 3.000 cc sudah di hentikan sejak tahun 2016. Brand-brand mewah seperti Mercedes-Benz, Lexus, Audi, Mini Cooper, dan BMW mayoritas sudah menggunakan mesin bensin di atas 1.500 cc.

Untuk BMW X1 dan X2 saja kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc. Selain mobil-mobil keluaran terbaru, model lama seperti Toyota Kijang kapsul mulai dari LGX hingga LSX dengan kode 7K menggunakan mesin di atas 1.500 cc. Jenis mobil tua ini juga terancam tidak boleh membeli Pertalite.

Meski aturannya belum final, seperti di ketahui pemerintah tetap membatasi pembelian pertalite dengan melarang mobil di atas 1.500 cc.