Buka Cekbansos.kemensos.go.id dan Aplikasi Cek Bansos

Cekbansos.kemensos.go.id

Kawanpuan.com – Meski sudah ada aplikasi cek bansos masyarakat masih bisa melakukan pengecekan penerima bansos melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Saat ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat melakukan cek dengan dua cara. Pertama bisa melakukan pengecekan melalui situs website cekbansos.kemensos.go.id.

Di sini pengecekan tanpa perlu login dan menggunakan email atau membuat akun terlebih dahulu untuk melakukan pengecekaan penerima bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Kemudian pengecekaan melalui aplikasi cek bansos, pengguna wajib login pakai email. Nah bagi KPM bisa melakukan pengecekan bansos penerima lewat dua media tersebut.

Adapun cara untuk cek penerima bansos sembako BPNT dapat mengguankan EKTP. Kartu EKTP akan sangat di butuhkan KPM untuk memasukkan detail alamat tempat tinggal dana nama lengkapnya.

Pastikan perangkat yang digunakan terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Simak cara berikut ini untuk cek nama penerima melalui websiste cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi cek bansos sebagai berikut:

Websiste Cekbansos.kemensos.go.id

Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.

  • Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketik dan Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  • Masukan dan tulis kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  • Tekan tombol ‘Cari Data’.

Aplikasi Cek Bansos

Download aplikasi Cek Bansos atau link online cekbansos.kemensos.go.id

  • Buat akun baru atau user ID apabila pakai aplikasi Cek Bansos
  • Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos apabila pakai aplikasi Cek Bansos
  • Ketik Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Tulis dan masukkan nama sesuai dengan KTP
  • Ketik dan tulis kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  • Tekan tombol ‘Cari Data’

Bansos sembako BPNT bulan September 2021 di jadwalkan cair dengan penambahan anggaran di sertai kuota penerima. Hal ini sesuai dengan usulan Kemensos pada rapat kerja yang di gelar bersama DPR.

Bansos sembako BPNT sesuai dengan namanya tidak cair dalam bentuk non tunai melainkan dalam bentuk saldo kartu sembako yang bisa di belanjakan sembako sesuai kebutuhan KPM di warung elektronik.

Kartu sembako berfungsi hampir sama dengan kartu ATM dengan perbedaan tidak bisa di cairkan secara tunai.

Masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bansos sembako BPNT dapat mendaftarkan diri atau orang lain di aplikasi cek bansos  dengan terlebih dahulu melengkapi data diri secara benar sesuai keadaan.