Cara Menyembunyikan Like Instagram

Instagram Lee Do Hyun

KAWANPUAN.COM – Cara menyembunyikan like Instagram bisa menjadi solusi sehat dalam bersosial media. Pengguna tidak lagi memburu angka like dan fokus dengan kualitas konten.

Instagram merupakan salah satu platform terbesar dan populer di jagad media sosial sejak awal kemunculannya pada 2010 lalu.

Tak sedikit orang yang memilih layanan jejaring sosial ini sebagai tempat berbagi foto, video, dan berinteraksi dengan pengguna lain.

Salah satu daya tariknya adalah banyaknya fitur-fitur yang bisa digunakan oleh pemilik akun. Seiring waktu, platform yang telah di akuisisi oleh Facebook ini menghadirkan berbagai fitur anyar yang bermanfaat bagi banyak pengguna, di antaranya menyembunyikan “Like” atau “Suka”.

Cara Menyembunyikan Like di Instagram

Tak sedikit yang terobsesi dengan jumlah like yang mereka peroleh di Instagram. Sebab, angka ini dapat mengindikasikan jumlah follower mereka dan bahkan bisa mendatangkan pekerjaan, endorse misalnya.

Mengutip laman Instagram, beberapa pengguna justru merasa tidak menemukan manfaat dari adanya jumlah like pada postingan mereka. Bahkan, tak sedikit di antara pengguna yang merasa terganggu dengan angka tersebut.

Berdasarkan laporan Royal Society for Public Health, Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki dampak pada kesehatan mental, khususnya anak muda.

Oleh karena itu, sejak 2021, Instagram memberikan alternatif bagi pengguna untuk menyembunyikan jumlah like mereka. Meski tidak ditampilkan, pemilik akun masih bisa melihat berapa like yang didapat dari postingan mereka.

Dengan fitur ini, Instagram bertujuan untuk mengurangi kompetisi jumlah like para pengguna sehingga mereka bisa lebih fokus pada konten yang di unggah.

Berikut cara menyembunyikan jumlah like di Instagram:

  • Buka profil Instagram Anda dan klik tiga baris di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Pengaturan”.
  • Pada kolom search di bagian atas, ketik kata “Post” dan ketuk opsi yang pertama muncul atau opsi “Postingan”.
  • Pada opsi pertama, aktifkan “Hide likes and view counts” atau “Sembunyikan jumlah suka dan tayangan”. Selesai.

Selain cara di atas, Anda bisa melakukan cara berikut untuk menyembunyikan like di Instagram:

  • Pilih unggahan yang ingin Anda sembunyikan jumlah sukanya.
  • Tepat di atas foto, ketuk tiga titik di kanan atas layar.
  • Di bagian bawah pilih “Hide like count” atau “Sembunyikan jumlah suka”.
  • Setelah itu, jumlah suka pada unggahan itu tidak akan muncul.

Itulah tadi cara menyembunyikan like Instagram yang belakangan ini banyak sekali mencarinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.