Bolehkah Membaca Alquran Tanpa Hijab? Ini Penjelasannya

Bolehkah Membaca Alquran Tanpa Hijab

KAWANPUAN.COM – Belakangan ini muncul pertanyaan bolehkah membaca Alquran tanpa mengenakan hijab? Ini penjelasan lengkapnya.

Pertanyaan ini muncul karena hijab kerap dikaitkan dengan aurat dan kesucian ketika berinteraksi dengan kitab suci.

Menurut pandangan mayoritas ulama, membaca Alquran tanpa hijab dibolehkan. Hal ini karena tidak ditemukan dalil (bukti) yang secara tegas mewajibkan perempuan untuk menutup kepala saat membaca Alquran.

Fatwa dari Mufti Arab Saudi, Syekh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, dan General Iftaa’ Department, The Hashemite Kingdom of Jordan, sama-sama menyatakan bahwa tidak ada kewajiban mengenakan hijab saat membaca Alquran.

Meskipun dibolehkan, para ulama juga menekankan pentingnya menjaga kesucian dan menghormati Alquran.

Sedangkan menurut para ahli fikih, sebenarnya tidak wajib memakai hijab saat membaca Alquran. Karena syarat wajib membaca alquran adalah suci dari hadas besar dan suci dari hadas kecil jika ingin menyentuhnya.

Adapun memakai hijab bagi perempuan yang ingin membaca alquran bukan termasuk dalam syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Sehingga boleh saja jika membaca Alquran tanpa memakai hijab.

Jadi boleh bagi perempuan membaca al-quran tanpa menggunakan hijab karena tidak ada perintah dalam al-qur’an dan sunah Nabi yang memerintahkan hal tersebut.

Sehingga memakai hijab di sini hanyalah sebagai adab dan sopan santun saat berhadapan dengan al-qur’an yang dengan melakukannya diharapkan pahala di sisi Allah Swt.

Dan hal itulah yang dilakukan oleh para sahabat terdahulu, diceritakan bahwa Anas bin Malik jika ingin menyampaikan hadis Nabi dia akan memakai pakaian terbaik dan dengan penampilan paling baik lalu duduk dengan posisi terbaik.

Karena itu sebagian ahli ilmu berpendapat memakai hijab saat akan membaca al-quran merupakan suatu kesunnahan.

Ketika para ahli fikih berbicara tentang hijab, maka yang dimaksud adalah penutup secara mutlak, tidak hanya terkait bagi perempuan. Sehingga bagi laki-laki yang ingin membaca al-qur’an pun juga sunah hukumnya memakai penutup kepala.

Hanya saja akan lebih baik dan lebih dianjurkan untuk memakai hijab sebagai bagian dari adab seorang hamba kepada tuhannya, Allah SWT, di sela-sela membaca kalam-Nya yang suci yaitu Al-quran.

Lebih utama bagi Muslimah untuk menutup aurat saat berinteraksi dengan Alquran sebagai bentuk penghormatan. Hal ini sesuai dengan kewajiban untuk menutup aurat secara umum.

Namun, penting untuk diingat bahwa kewajiban utama saat membaca Alquran adalah memahami dan mengamalkan isinya.

Artikel ini disampaikan untuk memberikan informasi dan pemahaman. Sebaiknya, untuk hal-hal yang berkaitan dengan agama, disarankan untuk berkonsultasi dengan ulama atau ustazah terpercaya untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail dan sesuai dengan mazhab yang dianut.