Berhenti dari PNS, Seorang WNI Pilih Kerja Buruh ke Faroe Island

Buruh Ikan Faroe Island

KAWANPUAN.COM – Berhenti dari PNS, kisah seorang Warga Negara Indonesia (WNI), Reni Heimustuvo pilih kerja menjadi buruh di Faroe Island viral.

Faroe adalah sekelompok pulau di Samudra Atlantik Utara yang terletak di antara Skotlandia dan Islandia dan di temukan pada abad ke-6 oleh seorang pendeta Irlandia bernama Santo Brendan.

Sebelum terbang dan bekerja sebagai buruh pabrik ikan di Faroe Island, Reni Heimustuvo adalah seorang abdi negara. Ia menikah dengan pria warga negara asing.

Kehidupannya berubah drastis setelah menyatakan berhenti sebagai ASN dan pindah ke Faroe Island. Hal ini ia lakukan setelah menikah dengan seorang bule asal Denmark.

Berdasakan informasi melalui akun Twitter @Hei_Reni, Reni memilih bekerja menjadi buruh di pabrik ikan Kepulauan Faroe terletak di Denmark.

Reni menceritakan alasannya memilih bekerja dan tinggal di Faroe ISland bersama sang suami beserta anak-anaknya.

“Dulu di Indo gw ASN. Selama jd ASN gw sering dinas luar kota bahkan luar negeri. Setahun beberapa kali dapat kepercayaan ikut dinas bareng PM. Sekarang gw resign dan pilih kerja jadi buruh pabrik ikan di Faroe Island,” cuit Reni mellaui akun Twitter pribadinya.

“Selama 3thn ini gw males cerita sama temen2 di Indo. Gak semua reaksinya baik. Bahkan ada yg tiba2 melabel gw sebagai warga kelas 2. Deym men! Warga kelas 2 itu apah?” tambah dia.

Reni juga tidak memiliki alasan lain untuk pindah ke Faroe Island dan menjadi buruh. Hal ini dikarenakan memang tak memiliki banyak pilihan seperti halnya belum lancar bicara bahasa asli di sana.

Ia juga memutuskan pindah dari Indonesia karena sang suami adalah Warga Negara Asing (WNA). Menurutnya, sulit bagi suami untuk mencari kerja dengan aturan visa di Tanah Air.

“Knp gw lepas kerjaan gw dan malah jd buruh? Well… selama gw belom lancar bhs Faroe, pilihan kerja gw gak banyak. Jadilah gw “mentok” jd buruh pabrik ikan. But, really, it is okay,” ujarnya.