Bayi Kembar Siam, Berikut Ini Penyebab dan Penjelasannya

Bayi Kembar Siam

KAWANPUAN.COM – Apakah Kawan Puan sudah mengetahui apa penyebab bayi kembar siam? Berikut ini penjelasan lengkap tentang kembar siam.

Bayi Kembar Siam merupakan dua bayi lahir secara fisik saling terhubung satu sama lain. Kemudian apa penyebab kembar siam?

Kembar siam berkembang ketika embrio awal hanya terpisah sebagian untuk membentuk dua individu.

Meskipun dua janin akan berkembang dari dua embrio ini, namun mereka akan tetap terhubung secara fisik.

Yang sering terjadi yakni terhubung di bagian dada, perut, dan panggul. Kembar siam juga bisa berbagi satu atau lebih bagian organ dalamnya.

Mengutip Mayoclinic, kembar siam terjadi ketika satu sel telur yang di buahi membelah dan berkembang menjadi dua individu.

Delapan hingga 12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio yang akan membelah membentuk kembar monozigot mulai berkembang menjadi organ dan struktur tertentu.

Ketika dua sel telur tersebut berkembang, proses pemisahan terhenti.

Proses perkembangan yang terjadi secara terus menerus namun proses pemisahan telah terhenti ini lah yang membuat dua individu tersebut menjadi terhubung atau sering disebut kembar siang.

Ada satu teori alternatif lagi soal kembar siam ini, yakni dua embrio yang telah terpisah, karena sebuah sebab bisa menyatu bersama dalam perkembangan awal.

Penjelasan Bayi Kembar Siam

Karena kembar siam sangat langka, dan penyebabnya tidak jelas, tidak diketahui apa yang membuat beberapa pasangan lebih mungkin memiliki kembar siam.

Kehamilan dengan kembar siam sangat kompleks dan sangat meningkatkan risiko komplikasi serius. Anak kembar siam memerlukan persalinan bedah atau operasi caesar.

Seperti anak kembar pada umumnya, kembar siam cenderung lahir prematur, dan salah satu atau keduanya bisa lahir meninggal atau meninggal setelah lahir.

Masalah kesehatan pada bayi kembar siam bisa terjadi di kemudian hari, seperti kesulitan bernapas atau masalah jantung.

Risiko seperti skoliosis, cerebral palsy, atau ketidakmampuan belajar juga meningkat. Kembar siam sering kali terhubung di bagian:

1. Dada

2. Perut

3. Dasar tulang belakang

4. Panjang tulang belakang

5. Panggul

6. Trunk

7. Kepala

8. Kepala dan dada

Itulah tadi informasi penyebab bayi kembar siam beserta dengan penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan Kawan Puan di seluruh Indonesia.